Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Kirim Karangan Bunga ke Pemakaman Ireng Maulana

Kompas.com - 07/03/2016, 13:04 WIB
Ati Kamil

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas nama pribadi dan keluarga, mengirim karangan bunga tanda duka cita atas meninggalnya pemusik jazz legendaris Indonesia Ireng Maulana.

Karangan bunga itu ditempatkan di dekat makam mendiang Ireng, di TPU Kampung Kandang, Ciganjur, Jakarta Selatan, diapit karangan-karangan bunga dari AM Hendropriyono dan Susilo Bambang Yudhoyono-Ani Yudhoyono.

Jenazah Ireng akan dimakamkan pada Senin (7/3/2016) siang.
Keluarga Ireng hadir pada pemakaman itu. Hadir pula sejumlah artis musik jazz, antara lain, Syaharani, Happy "Pretty", Shadu Rasjidi, Jimmy Manopo, Aria Baron Suprayogi, Lea Simanjuntak, Harry Sabar, Grace Simon, Betaria Sonata, Rafika Duri, artis peran senior Rima Melati, dan Direktur Utama Musica Studios Indrawati Widjaja alias Bu Acin.

Diberitakan sebelumnya, gitaris jazz kenamaan, Ireng Maulana, diketahui beberapa kali mengalami sesak napas. Hal itu dikatakan putra keduanya, Tomi Maulana.

"Penyakitnya jantungnya sudah ter-cover beberapa tahun lalu. Tetapi, memang suka ada sesak napas dan kemarin-kemarin ada cairan di paru-parunya," ucap Tomi di Rumah Duka Dharmais, Jakarta Barat, Minggu (6/3/2016).

Menurut Tomi, Ireng meninggal di dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, pada Minggu sekitar pukul 00.10 WIB.

"Sepertinya saat dibawa ke rumah sakit tidak tertolong dari tempat show-nya di kawasan Senayan," kata Tomi.

"Pas lagi show, Bapak mengeluh sakit, lalu dibawa sama rekan-rekannya ke rumah sakit," sambungnya lagi.

Ireng Maulana tutup usia pada usia 72 tahun. Ia dilahirkan dengan nama Eugene Lodewijk Willem Maulana, lahir di Jakarta, 15 Juni 1944.Ia meninggal dunia di Jakarta pada Minggu (6/3/2016) pukul 00.10 WIB di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com