Luna Maya Akan Bangun Pagi demi Gerhana Matahari

Kompas.com - 08/03/2016, 18:53 WIB
Luna Maya menghadiri acara peluncuran sebuah produk jam tangan di Skye Menara BCA, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2015). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGLuna Maya menghadiri acara peluncuran sebuah produk jam tangan di Skye Menara BCA, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2015).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pembawa acara Luna Maya mengaku akan bangun pagi demi melihat gerhana matahari sebagian di Jakarta.

Untuk diketahui, Rabu, 9 Maret 2016, adalah hari yang istimewa. Hari yang langka. Hari itu manusia akan melihat proses bulan menutup pandangan kita atas matahari atau gerhana. Bumi akan menjadi gelap karena sinar matahari terhalang bulan.

Yang langka, fenomena ini hanya akan terjadi di bumi Nusantara. Tak heran jika hari-hari ini para peneliti, masyarakat, dan turis telah berkumpul di sejumlah wilayah di Indonesia yang bakal dilintasi Gerhana Matahari total.

Ketertutupan matahari di Jakarta mencapai 88,74 persen. Waktu gerhana di Jakarta, pukul 06.19 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan; pukul 07.21 | Gerhana Matahari total; pukul 08.31 | Gerhana selesai.

"Ya, bangun pagi deh," ucap Luna saat menghadiri peluncuran produk sepatu di restauran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2016).

Luna sempat berpikir untuk melihat gerhana matahari total di wilayah Indonesia yang dilalui. Namun, rencana tersebut tidak bisa dilaksanakannya.

"Tertarik. Tapi belum ada waktunya," ucapnya.

Luna menilai gerhana matahari sebagai fenomena alam yang terjadi pada kehidupan manusia. Menurut dia, setiap peradaban manusia pasti akan melewati fenomena alamnya sendiri.

"Ini kan sering terjadi. Fenomena alam akan dialami manusia yang masih hidup," ucapnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.