Ahmad Dhani: Saya Enggak Setuju Jalur Independen

Kompas.com - 11/03/2016, 22:51 WIB
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ahmad Dhani menegaskan ia tak menyetujui adanya jalur independen atau non-partai dalam mengusung calon kelapa daerah.

"Saya enggak setuju (independen)," ujarnya dalam wawancara di DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta Pusat, Jumat (11/3/2016) malam.

Ia menganggap jalur independen sama dengan deparpolisasi.

"Demokrasi itu adalah partai politik. Mekanismenya nanti rusak semua," kata Dhani.

Karena itu, suami vokalis Mulan Jameela ini mengusulkan kepada legislatif agar mengevaluasi aturan jalur independen dalam pemilihan umum maupun daerah.

"Supaya tahun-tahun ke depan enggak ada lagi yang namanya independen itu," ucapnya.

"Tapi kalau masyarakat menghendaki independen, berarti harus dibuat peraturan baru. Yang namanya parpol adalah pilar-pilar dari demokrasi," tambah Dhani.

Hingga kini, Dhani masuk dalam bursa calon gubernur di PKB dan Partai Gerindra.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama baru-baru ini memutuskan menggunakan jalur independen dengan dukungan relawan Teman Ahok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.