Zaskia Gotik Akui Tak Tahu Sila Kelima Pancasila

Kompas.com - 22/03/2016, 18:18 WIB
Zaskia Gotik mengadakan jumpa pers mengenai kasus dugaan pelecehan Pancasila yang menimpa dirinya, di kantor perusahaan rekaman Nagaswara, Jalan Johar, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2016). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNGZaskia Gotik mengadakan jumpa pers mengenai kasus dugaan pelecehan Pancasila yang menimpa dirinya, di kantor perusahaan rekaman Nagaswara, Jalan Johar, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2016).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Menghadapi masalah dugaan pelecehan terhadap Pancasila, Zaskia Gotik (25) mengaku tak hafal Pancasila.

Diterangkan oleh Eddy Ribut Harwanto, kuasa hukum perusahaan rekaman Nagaswara, pelantun "Satu Jam Saja" itu memiliki keterbatasan wawasan dan tak tahu sila kelima Pancasila.

"Karena kekhilafan dan keterbatasan, Neng (Zaskia) sendiri sila kelima enggak tahu. Keterbatasan dia saja," kata Eddy dalam jumpa pers di kantor Nagaswara, Jalan Johar, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2016).

Zaskia mengaku pula kesulitan menjawab pertanyaan tentang lambang sila kelima Pancasila. 

"Neng lulusan SD, kalau dibilang pura-pura, jujur pertanyaan (tentang lambang sila kelima Pancasila) ini berat. Neng enggak tahu jawabannnya sama sekali. Neng kondisinya lagi bercanda, happy, tebersit untuk tulis. Itu spontan. Kalau dibilang sengaja, ya Allah siapa yang sengaja," tutur Zaskia.

Pemilik "goyang itik" tersebut juga menjelaskan bahwa dalam acara Dahsyat edisi 15 Maret 2016 di layar kaca RCTI itu ia tak bermaksud melecehkan Pancasila.

Terlebih lagi, ia merasa sudah menerima banyak hal dari negaranya sendiri.

"Pakai logika saja deh, Neng public figure, Neng (jadi) sorotan masyarakat, contoh, masa Neng mau jatuhkan negara Neng sendiri? Neng lahir di sini, cari uang di sini, masa mau menghina? Enggak mungkin," ujarnya.

"Kalau ada yang bilang Neng pendidikannya lemah, ya memang Neng begitu. Neng dari kampung. Jadi, saya bukan salahkan siapa-siapa, saya salahkan diri saya sendiri. Saya yang bodoh, khilaf, lemah, saya terima itu. Mau komentar apa pun, masyarakat berarti mencintai saya dan memperhatikan saya dan membuat saya untuk jauh lebih baik lagi," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.