Soal Bipolar, Marshanda Mengaku Pernah Terserang Panik di Mal

Kompas.com - 30/03/2016, 20:39 WIB
Editor Ati Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com — Artis peran dan penyanyi Andriani Marshanda (26) atau Caca mengatakan bahwa dirinya pernah mengalami serangan panik atau panic attack di sebuah mal di Jakarta.

Serangan panik itu merupakan bagian dari gejala gangguan bipolar.

"Kalau dulu, aku sempat panic attack. Biasanya di tempat rame, di mal. Kalau sudah begitu, aku harus pulang. Di dalam mobil tuh aku nangis, takut, panik. Sampai di rumah, udah, nangis-nangis," cerita Marshanda di Jakarta pada Rabu (30/3/2016).

Caca mengaku, kondisinya kini lebih baik. Ia jarang mengalami serangan panik setelah rajin mengonsumsi obat.

"Selain minum obat, aku pakai metode dengan memanfaatkan support system aku, biasanya mama," tuturnya.

"Aku pesan kepada mama, kalau aku sedang marah-marah, aku minta mama nanya, 'Ca, ini panic attack bukan?' Lalu aku akan stop dan mikir ini benar-benar panic attack atau aku benar-benar marah karena sesuatu," tuturnya lagi.

"Lalu, setelah itu, aku minta mama untuk nanya lagi, dari 0 sampai 10, di level berapa aku merasakan panik. Dengan metode itu, sampai sekarang, aku cuma mengalami tiga kali panic attack. Memang untuk mendeteksi itu kita butuh bantuan orang lain," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caca didiagnosis menderita gangguan bipolar pada 2009. Sejak itu, ia mengalami berbagai gejolak kejiwaan, termasuk penyangkalan atau denial.

"Awalnya, aku mengalami fase enggak terima atau denial. Berikutnya, aku blaming banyak orang yang put me in that position," ujarnya.

"Tapi, sejak itu, aku jadi workshop junkie dalam hal personal growth. Aku suka banget ikut workshop pengembangan diri, tetapi itu belum fine," ujarnya lagi.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.