Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 8 Layanan "Streaming" Musik di Indonesia

Kompas.com - 03/04/2016, 19:54 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Kehadiran Spotify secara resmi di Indonesia, Rabu (30/3/2016), menambah panjang deretan layanan streaming musik yang telah hadir di Tanah Air.

Beberapa dari layanan tersebut hadir secara mandiri, tetapi ada juga yang menggandeng operator seluler tertentu.

Semua aplikasi tersebut menyediakan musik secara cuma-cuma, meski dengan beberapa batasan. Untuk menikmati semua fitur seutuhnya, pengguna diharuskan untuk membayar sejumlah uang tertentu.

Berikut delapan layanan streaming musik, termasuk Spotify, yang telah hadir di Indonesia:

1. Guvera

Aplikasi streaming musik asal Australia ini diklaim memiliki koleksi lebih dari 30 juta lagu, baik dari pemusik Indonesia maupun internasional.

Lagu-lagu yang ada di Guvera bisa juga didengarkan secara offline, asalkan pengguna membayar sejumlah uang tertentu untuk berlangganan.

Guvera menawarkan metode pembayaran menggunakan kartu kredit dan online payment Doku Wallet. Pelanggan operator XL Axiata juga bisa berlangganan Guvera dengan cara potong pulsa.

Biaya berlangganan layanan ini sebesar Rp 20.000 per minggu dan Rp 55.000 per bulannya. Bisa juga membayar biaya tahunan sebesar Rp 547.800.

Aplikasi ini sendiri hadir di Android, iOS, Windows Phone 10, dan PC.

2. Joox

Layanan yang satu ini digarap oleh Tencent, raksasa internet asal China. Perusahaan ini juga berada di balik layanan chatting populer WeChat.

Untuk menembus pasar Indonesia yang sudah mulai ramai dengan aplikasi streaming musik lain, Joox mengandalkan sebuah tim editor musik asli Indonesia.

Sama dengan aplikasi streaming lainnya, pengguna bisa membayar untuk menikmati semua fitur yang ada, seperti mengunduh musik dan menikmati semua lagu yang ada.

Layanan VIP Joox bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 25.000 per minggu, Rp 49.000 per bulan, hingga Rp 509.000 per tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com