"Descendant of the Sun" Buka Luka Lama Korban Perang Vietnam

Kompas.com - 05/04/2016, 17:28 WIB
Poster drama seri Korea Descendant of the Sun di Vietnam. IstimewaPoster drama seri Korea Descendant of the Sun di Vietnam.
|
EditorKistyarini

HANOI, KOMPAS.com - Drama televisi Korea Selatan, Descendant of the Sun, tengah menjadi sensasi hingga negara-negara Asia Timur.

Serial yang dibintangi Song Joong-ki dan Song Hye-kyo itu juga berhasil merebut hati warga Vietnam.

Namun, sebagian dari mereka justru menolak menonton drama romantis berlatar militer tersebut. Mengapa?

Ternyata drama seri itu dianggap bisa membangkitkan kenangan menyakitkan tentang perilaku tentara Korea selama perang Vietnam.

"Selama perang Vietnam, pasukan Korea menebar teror di sejumlah daerah di Tanah Air, tidak cuma antartentara, tetapi juga kepada warga sipil yang tak bersalah," tulis Tran Quang Thi, seorang jurnalis Vietnam, dalam akun Facebook-nya, yang dikutip Kompas.com, Selasa (5/4/2016).

"Sejumlah desa dihapuskan oleh tentara Korea. Saya percaya jika jiwa para korban (perang Vietnam) masih ada dan menonton drama Korea itu, akan mematahkan hati mereka," tambahnya.

Pernyataan Tran Quang Thi itu, mendapat respons yang beragam. Beberapa netizen berpendapat anak-anak muda Vietnam sebaiknya mempertimbangkan hal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun ada pula yang mengatakan bahwa menonton drama adalah urusan pilihan pribadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.