Air Mata Bahagia Waldjinah

Kompas.com - 05/04/2016, 21:15 WIB
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com -- Lama tak muncul di pentas, pesinden dan penyanyi keroncong legendaris Waldjinah (71) tampil di Jakarta menyanyikan lagu "Walang Kekek" yang melambungkan namanya. Ia bernyanyi sambil berurai air mata bahagia.

Waldjinah yang memulai karier saat berusia 12 tahun tidak menyangka ada pementasan keroncong yang khusus dipersembahkan bagi dirinya.

"Saya kok dipikirkan sampai segitunya. Saya sampai terharu memikirkannya," ujar Waldjinah seusai tampil pada pertunjukan kesenian musik Keroncong Pesona Indonesia Persembahan untuk Waldjinah di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (1/4).

Keterlibatan Waldjinah dalam pertunjukan itu dimulai pada awal Maret 2016. Saat itu, dia dikunjungi Butet Kartaredjasa, Djaduk Ferianto, dan Endah Laras. Mereka menawari Waldjinah untuk bernyanyi di pentas keroncong tersebut. "Saya langsung terima. Saya sudah bosan di rumah terus," cerita Waldjinah.

Sebelumnya, "Ratu Keroncong" itu menderita sakit pencernaan yang mengharuskannya beristirahat sejak Oktober 2013.

Pada saat pembukaan pertunjukan, Waldjinah mendapatkan penghargaan Tanda Tresno dari Presiden Joko Widodo atas totalitas dan pengabdiannya dalam menjaga kebudayaan Indonesia.

Sembari duduk di atas kursi roda, Waldjinah berbincang-bincang dengan Presiden untuk meminta dukungan atas penyelenggaraan Solo Keroncong Festival yang akan diadakan pada 14-15 Mei 2016.

Penyanyi yang sudah merekam sekitar 1.700 lagu itu mengharapkan seni sinden dan keroncong dihidupkan terus.

"Setelah saya perhatikan tadi, ternyata animo masyarakat masih tinggi," katanya. (C04)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.