Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sita "RSD" Menikmati Seni Peran

Kompas.com - 11/04/2016, 19:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Indah Sita Nursanti yang lebih populer dengan nama Sita, akhir pekan lalu, tampil di Galeri Indonesia Kaya dalam acara 12 Perempuan Komposer Indonesia.

Status penyanyi masih tersemat di depan namanya, tetapi hari-hari ini dia mengatakan sedang senang menikmati seni peran.

Mantan anggota trio vokal Rida Sita Dewi (RSD) yang aktif pada 1990-an itu sudah beberapa kali bermain di film musikal, seperti Gita Cinta.

Sita, yang juga penyiar radio itu, menuturkan, menyanyi dalam drama atau film musikal berbeda dengan menyanyi seperti biasa.

"Sama-sama menyanyi, tetapi kalau untuk tampil di drama dan film musikal, kita harus memotong pendek syairnya supaya penonton tahu isi dari lagu itu. Dalam drama atau film musikal, syair menjadi pengganti dialog," kata Sita.

Ketika menjadi seorang penyanyi, ia harus menyanyi seperti biasa. Ketika tampil dalam lakon drama, ia harus mengubah cara menyanyi.

Ia mulai menekuni profesi barunya itu sejak 2001, sebelum RSD vakum. Tak mengherankan jika Sita kini sudah mahir melakukannya.

Tak hanya menyanyi, perempuan kelahiran Sumedang, Jawa Barat, itu juga bermain film. Ia pernah bermain dalam film Gie pada 2005.

"Sejujurnya, sekarang aku lebih menikmati di dunia peran. Menyanyi tak kutinggalkan karena ia adalah hidupku," lanjutnya.

Untuk lebih mengasah akting, Sita memutuskan belajar secara khusus tentang seni peran dan teater. Ia juga pernah bermain dalam drama Nyai Ontosoroh. (TRI)

-----

Artikel ini sebelumnya ditayangkan di harian Kompas edisi Senin (11/4/2016) dengan judul "Menikmati Seni Peran".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com