"Purple Rain", Lagu Terakhir Prince di Panggung

Kompas.com - 22/04/2016, 09:13 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - "Purple Rain" menjadi lagu terakhir yang dinyanyikan Prince di panggung konsernya di Fox Theatre, Atlanta, sepekan lalu.

Konser yang menjadi bagian dari tur "Piano & a Microphone" itu dilangsungkan pada Kamis (14/4/2016). [Baca: Vokalis Kenamaan Prince Meninggal Dunia]

Ia menyanyi di depan penonton yang memenuhi venue. Seorang penonton, Celeste Headlee, menggambarkan suasananya.

"Dia membuka konser dengan permintaan maaf karena membatalkannya sepekan sebelumnya. Namun dia mempersembahkan konser yang luar biasa dengan setidaknya empat lagu terakhir," tutur Headlee, seperti dikutip People, Kamis (21/4/2016).

"Ada kalanya suaranya menjadi serak, tetapi hanya itu tanda bahwa dia sebelumnya sakit," lanjut dia.

Penonton lainnya, Shawna Michaels, mengatakan Prince banyak berkelakar dan menggoda penonton. "Tetapi dia tidak kelihatan sakit," ujar dia.

Pada konser itu, Prince juga membawakan lagu khusus mendiang David Bowie. Headlee mengatakan, Prince menyanyikan lagu "Heroes" dengan sangat indah.

Lagu "Purple Rain" menutup penampilan Prince pada konser di Atlanta itu.

"Pas sekali 'Purple Rain' menjadi lagu terakhir yang ia nyanyikan," kata Michaels.

Lagu "Purple Rain" adalah lagu Prince dari album berjudul sama, yang dirilis pada tahun1984. Prince selalu diidentikkan dengan lagu tersebut yang memadukan musik rock, pop, gospel dan orkestra tersebut.

Majalah Rolling Stone mendudukkan lagu itu pada urutan 143 dalam daftar The 500 Greatest Songs of All Time.

Sementara majalah Q menempatkannya pada rangking 40 dalam daftar 100 Greatest Guitar Tracks. Dalam daftar lagu terbaik era 1980-an versi Pitchfor Media, "Purple Rain" menjadi juaranya.

Prince, yang dilahirkan dengan nama lengkap Prince Rogers Nelson, ditemukan meninggal di rumahnya di Paisley Park, Minnesota, pada Kamis (21/4/2016). Ia meninggal di usia 57 tahun,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber People
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.