Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Purple Rain", Lagu Terakhir Prince di Panggung

Kompas.com - 22/04/2016, 09:13 WIB

KOMPAS.com - "Purple Rain" menjadi lagu terakhir yang dinyanyikan Prince di panggung konsernya di Fox Theatre, Atlanta, sepekan lalu.

Konser yang menjadi bagian dari tur "Piano & a Microphone" itu dilangsungkan pada Kamis (14/4/2016). [Baca: Vokalis Kenamaan Prince Meninggal Dunia]

Ia menyanyi di depan penonton yang memenuhi venue. Seorang penonton, Celeste Headlee, menggambarkan suasananya.

"Dia membuka konser dengan permintaan maaf karena membatalkannya sepekan sebelumnya. Namun dia mempersembahkan konser yang luar biasa dengan setidaknya empat lagu terakhir," tutur Headlee, seperti dikutip People, Kamis (21/4/2016).

"Ada kalanya suaranya menjadi serak, tetapi hanya itu tanda bahwa dia sebelumnya sakit," lanjut dia.

Penonton lainnya, Shawna Michaels, mengatakan Prince banyak berkelakar dan menggoda penonton. "Tetapi dia tidak kelihatan sakit," ujar dia.

Pada konser itu, Prince juga membawakan lagu khusus mendiang David Bowie. Headlee mengatakan, Prince menyanyikan lagu "Heroes" dengan sangat indah.

Lagu "Purple Rain" menutup penampilan Prince pada konser di Atlanta itu.

"Pas sekali 'Purple Rain' menjadi lagu terakhir yang ia nyanyikan," kata Michaels.

Lagu "Purple Rain" adalah lagu Prince dari album berjudul sama, yang dirilis pada tahun1984. Prince selalu diidentikkan dengan lagu tersebut yang memadukan musik rock, pop, gospel dan orkestra tersebut.

Majalah Rolling Stone mendudukkan lagu itu pada urutan 143 dalam daftar The 500 Greatest Songs of All Time.

Sementara majalah Q menempatkannya pada rangking 40 dalam daftar 100 Greatest Guitar Tracks. Dalam daftar lagu terbaik era 1980-an versi Pitchfor Media, "Purple Rain" menjadi juaranya.

Prince, yang dilahirkan dengan nama lengkap Prince Rogers Nelson, ditemukan meninggal di rumahnya di Paisley Park, Minnesota, pada Kamis (21/4/2016). Ia meninggal di usia 57 tahun,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com