Garin Nugroho Terima Penghargaan dari Pemerintah Perancis

Kompas.com - 26/04/2016, 18:15 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sineas Indonesia Garin Nugroho (54) dianugerahi Ordre des Arts et des Letters atau penghargaan bidang seni dan sastra dari Pemerintah Perancis.

Penganugerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Duta Besar Perancis Corinne Breuze dan acaranya diadakan pada Selasa (26/4/2016) mulai pukul 18.30 WIB di kediaman sang duta besar di Menteng, Jakarta Pusat.

Hal itu diumumkan oleh pihak Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia secara tertulis kepada media, termasuk Kompas.com.

Dalam keterangan tertulis kepada media, pihak Pemerintah Perancis menganugerahkan  penghargaan itu kepada Garin karena pencapaiannya di bidang perfilman dan penulisan, yang memiliki sisi puitis serta mengandung pesan sosial dan politik.

Garin, yang lulusan Institut Kesenian Jakarta, juga memiliki visi pribadi terkait dengan multikulturalisme, politik, dan komunikasi, yang disebutnya Indonesia Baru.

Pada 1991, Garin memulai kariernya sebagai sutradara dengan film Cinta dalam Sepotong Roti.

Berkat film tersebut, ia meraih enam Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 1991. Salah satunya untuk kategori film terbaik.

Ia kemudian sering ambil bagian dalam festival film internasional dan meraih penghargaan, termasuk Festival Film Cannes.

Melalui festival tersebut ia terhubung dengan Pemerintah Perancis.

Dua filmnya masuk nominasi Festival Film Cannes untuk kategori Un Certain Regard.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.