Garin Nugroho Diberi Penghargaan yang Sama dengan Leonardo DiCaprio

Kompas.com - 26/04/2016, 19:26 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara dan penulis skenario, Garin Nugroho, mendapatkan penghargaan yang sama dengan aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio, yakni Ordre des Arts et des Letters atau penghargaan bidang seni dan sastra.

Anugerah itu diberikan oleh Pemerintah Perancis di kediaman Duta Besar Perancis Corinne Breuze di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2016) pukul 18.30 WIB.

[Baca: Garin Nugroho Terima Penghargaan dari Pemerintah Perancis]

"Penghargaan ini juga pernah diberikan kepada tokoh dunia, seperti Leonardo DiCaprio dan Elton John. Jadi, itu penghargaan yang diberikan kepada tokoh-tokoh dunia," tutur Garin dalam wawancara di Institut Francais Indonesia (IFI), Selasa (26/4/2016) sore.

Namun, ada perbedaan antara penghargaan yang diterima DiCaprio dan Garin. Jika DiCaprio memperoleh medali Commandeur, Garin mendapatkan medali Chevalier atau ksatria.

Selain Garin, seniman Indonesia yang juga pernah dianugerahi Ordre des Arts et des Letters adalah Guruh Soekarnoputra.

"Saya sangat senang karena ini diberikan untuk peran di bidang seni dan sastra. Enggak nyangka bisa dapet. Mungkin karena banyak pekerjaan saya yang berhubungan dengan Perancis juga, tidak hanya film," ucapnya.

"Jadi, ini penghargaan kepada seseorang dalam jangka waktu panjang yang punya produktivitas besar. Perannya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Mereka menilai generasi baru sineas Indonesia lahir dari saya," tambah Garin.

Dalam keterangan tertulis kepada media, pihak Pemerintah Perancis menganugerahkan penghargaan itu kepada Garin karena pencapaiannya di bidang perfilman dan penulisan, yang memiliki sisi puitis serta mengandung pesan sosial dan politik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.