Eva Celia: Beri Kebaikan Pada Dunia

Kompas.com - 25/05/2016, 15:00 WIB
Eva Celia diabadikan usai berbincang dengan media Kelompok Kompas Gramedia, di Studio Orange KompasTV, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (10/11/2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAEva Celia diabadikan usai berbincang dengan media Kelompok Kompas Gramedia, di Studio Orange KompasTV, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (10/11/2014).
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menjadi penggerak SDGs (Sustainable Development Goals) untuk Indonesia membuat aktris dan penyanyi jazz Eva Celia sadar untuk menghemat penggunaan air.

"Karena aku juga melakukan riset mengenai air, ini jadi berpengaruh pada gaya hidupku. Aku, misalnya, sekarang mandi 2-3 menit sudah harus selesai. Aku jadi tahu, ada orang yang lebih butuh air daripada kita, sementara kita membuang-buangnya," kata Eva.

Eva yang terlibat dalam kampanye penggalangan dana pembuatan pompa air tenaga surya di Desa Napu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, berusaha menularkan kebiasaan hemat air kepada keluarga dan teman-temannya.

Dara berusia 23 tahun itu mengaku mendapat banyak pelajaran dengan menjadi penggerak SDGs.

Ia, misalnya, memanfaatkan media sosial untuk membantu menyukseskan SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Kita, generasi millennial, adalah populasi terbesar di dunia. Kita juga pengguna media sosial yang aktif, jadi aku berusaha untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya pembangunan di situ," katanya.

Bagi Eva, menjadi penggerak SDGs memberikannya kesempatan untuk memberikan kebaikan kepada sesama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sangat penting untuk turut berbuat sesuatu pada dunia," ujar Eva.

Dari dulu, Eva sudah banyak terlibat dalam kegiatan sosial, misalnya berkunjung ke panti asuhan.

"Dari kecil, Mama menginspirasi aku untuk peduli pada lingkungan. Jadi, aku berpikir bagaimana bisa turut peduli pada dunia." (C01)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 25 Mei 2016, di halaman 32 dengan judul "Beri Kebaikan pada Dunia".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.