Cerita Ernest Prakasa Jadi "Malaikat Penjaga" BJ Habibie

Kompas.com - 26/06/2016, 15:48 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Ernest Prakasa (34) berperan sebagai Lim Keng Kie, sahabat karib BJ Habibibie dalam film Rudy Habibie.

"Dia memberi nasihat dan melindungi Rudy dari konflik di sekitarnya. Jadi kayak semacam guardian angel tanda kutip," kata Ernest usai konferensi pers film Rudy Habibie di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2016) malam.

Menurut Ernest, figur Keng Kie adalah orang yang paling mengerti Habibie. "Rudy hanya bisa paling terbuka dan paling nyaman untuk jadi dirinya sendiri ya ke Keng Kie," ucapnya.

Hanya saja, untuk mendalami karakter salah satu peletak dasar jurusan penerbangan di Institut Teknologi Bandung itu, Ernest agak kerepotan.

"Karena orang udah meninggal. Jadi enggak bisa ketemu terus lihat kayak apa, itu agak susah. Gue dapat biografi dari tim riset MD. Tapi itu kan lebih ke latar belakang dia ya. Enggak ada file video buat lihat gesture dan cara dia ngomong," ujarnya.

Akhirnya, setelah berdiskusi dengan sang sutradara Hanung Bramantyo, Ernest pun diminta untuk memerankan Keng Kie sesuai interpretasinya sendiri, tetapi tetap berdasarkan biografi.

"Yang penting kan karakternya kita udah tahu kalau dia ilmuwan. Jadi karakternya direka dari interpretasi gue karena orangnya udah enggak ada. Jadi coba ngebayangin dari latar belakang dia, gayanya akan seperti apa," ucap Ernest.

Di luar itu, bagi pemain film Ngenest ini, terlibat dalam Rudy Habibie adalah pengalaman luar biasa. Sebab, selama ini ia lebih banyak bergelut dalam dunia komedi.

"Kan biasanya komedi atau film ringan. Kalau ini cukup berat kami harus sangat serius mengolah dramanya. Harus tahu emosi dan motivasinya. Tapi untungnya dibimbing oleh sutradara yang sangat luar biasa. Keren banget Mas Hanung," tuturnya.

Sebagai informasi, film Rudy Habibie mengisahkan tentang masa muda BJ Habibie ketika berkuliah di Aachen, Jerman.

Karya sutradara Hanung Bramantyo itu merupakan prekuel dari film Habibie & Ainun dan dijadwalkan rilis pada 30 Juni 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.