Digaet Label Rekaman, Young Lex Tak Tinggalkan YouTube

Kompas.com - 26/06/2016, 16:25 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Youtuber (orang yang membuat video dan menunggahnya ke YouTube) bernama Young Lex (24) telah digaet oleh perusahaan rekaman dan akan merilis single.

Namun, pelantun lagu "Teman Palsu" dan pemilik nama asli Samuel Alexander Pieter ini mengaku juga masih akan mengisi kanal YouTube-nya dengan karyanya.

"Sebagai musisi yang dulu menghadapi keterbatasan uang untuk promosi, satu-satunya media yang gratis untuk promosi ya YouTube," ujar Young Lex ketika ditemui dalam acara pemberian penghargaan Silver Button Award di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (25/6/2016).

Selain itu, ia menjadikan YouTube saluran video blog (vlog)-nya. Pada vlog-nya, ia membahas hal-hal umum yang tengah hangat diperbincangkan untuk menjaring para penggemar baru.

"How to get a new fans with video blog (vlog). Itu fungsinya untuk menggaet fans baru, karena oke video clip gue kan rap, gue upload. Tapi, orang enggak mungkin kan tiba-tiba ngetik Young Lex? Nah, caranya itu ya dengan buat konten-konten yang umum di vlog itu," jelasnya.

"Waktu itu booming cabe-cabean, gue bikin 10 Tipe Cabe-cabean, yang gue bikin sendiri, iseng aja. Ternyata, masuk beberapa media televisi. Setelah itu, orang kan nonton, mereka jadi nyari, 'Siapa sih Young Lex?', oh ternyata rapper," jelasnya.

Kini, subscriber di kanal YouTube-nya sudah mencapai 170.000-an. Hal itu membuat dirinya kemudian dipinang oleh pihak perusahaan rekaman Trinity. Oleh label tersebut, ia akan dibikinkan single berdua Gamaliel.

Walau pun sudah digaet oleh label itu, Young Lex mengaku tetap ingin berkarya melalui kanal YouTube-nya. Label tersebut, menurut ia, tidak berkeberatan.

"November tahun lalu sudah gabung ke Trinity, karena, sampai kapan pun, pencapaian musisi indie di Indonesia itu hanya bisa sampai 70 persen, 30 persennya lagi ya aspek yang enggak didapat di musik indie, kalau enggak join sama label. Itu pendapat gue sih," jelasnya lagi.

"Deal gue gini, mau sama gue boleh, tapi ada syarat, ada karya yang akan ngegaet fans baru. Single baru gue sama Gamaliel akan keluar habis Lebaran," sambungnya.

Pria kelahiran Jakarta, 18 April 1992, ini memiliki tips untuk para YouTuber pemula.

"Gini, kalau ngomongin soal content creator, jangan bikin konten YouTube untuk cari duit, karena dulu enggak ada itu. Dulu gue berkarya pure YouTube sebagai wadah, enggak ngarepin duitnya," pesannya.

"Kalau gue punya mind set, pikirin karyanya, aspek seninya, di mana kalau itu mengorbankan duit, kalau sudah jadi akan datangkan duit. Tapi, jangan pikirin duitnya," pesannya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.