Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di Italia

Kompas.com - 10/07/2016, 10:54 WIB
Penghargaan yang diraih paduan suara anak dari Indonesia, Resonanz Children's Choir, dalam kompetisi paduan suara  Claudio Monteverdi Choral Festival and Competition di Venezia, Italia, Sabtu (9/7/2016). Facebook/Resonanz Children's ChoirPenghargaan yang diraih paduan suara anak dari Indonesia, Resonanz Children's Choir, dalam kompetisi paduan suara Claudio Monteverdi Choral Festival and Competition di Venezia, Italia, Sabtu (9/7/2016).
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children's Choir (TRCC),  berhasil menjadi juara umum (Winner of Grand Prix) dalam Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition di kota Venezia, Italia pada tanggal 7-10 July 2016.

Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (10/7/2016), project manager TRCC Dani Dumadi, mengungkapkan, paduan suara anak itu berkompetisi dalam kategori Children and Youth Choir. Mereka dipimpin konduktor Devi Fransisca.

Dalam final yang digelar pada Sabtu (9/7/2016), TRCC mengenakan busana bernuasa Papua.

"Mereka membawakan dua lagu. Yakni lagu Papua 'Yamko Rambe Yamko' yang diaransemen Agustinus Bambang Jusana, dan lagu 'Táncnóta' karya komposer Hungaria Zoltán Kodály," kata Dian.

Dalam video yang diunggah di Facebook oleh Metta Dharmasaputra, TRCC memang tampil atraktif ketika membawakan lagu "Yamko Rambe Yamko" dengan iringan tifa, alat musik pukul dari Indonesia Timur.

Mengenakan baju serba hijau, mereka tidak hanya menyanyi, tetapi juga menampilkan koreografi yang dinamis. Mereka bergerak memenuhi seluruh area panggung.

Tangan mereka tidak pernah berhenti, sementara kaki mereka menghentak. Badan mereka meliuk mengikuti irama rancak musik khas Papua.

Dalam babak semifinal, mereka membawakan empat lagu yaitu "Der Wassermann" karya Robert Schumann, "Salve Regina" karya Javier Busto, serta dua lagu karya Fero Aldiansya yaitu "137 Hip Street" dan lagu Aceh "Bungong Jeumpa".

“Dengan berbalut kostum bernuansa Aceh, paduan suara berkekuatan 42 anak ini mampu memukau juri serta para hadirin yang memadati ruangan Auditorium Santa Margherita. Hal tersebut nampak dari riuh  tepukan serta standing ovation yang diberikan," tutur Dani.

Para juri pun kemudian meloloskan TRCC ke babak final  melawan keempat finalis dari kategori lainnya yaitu kategori Adult’s Choir dan kategori Sacred Music.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X