Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matt Damon Siap Digantikan Aktor Muda untuk Peran Jason Bourne

Kompas.com - 12/07/2016, 09:29 WIB

KOMPAS.com -  Aktor Matt Damon memerani sosok agen rahasia Jason Bourne sejak tokoh novel karya Robert Ludlum itu dituangkan ke layar lebar.

Damon berperan sebagai Jason Bourne dalam empat film tentang agen rahasia tersebut. Dari The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004), The Bourne Ultimatum (2007), dan terakhir Jason Bourne (2016).

Sebagai informasi, pada tahun 2012 dibuat spin off Bourne, yakni The Bourne Legacy. Film ini tidak menampilkan Jason Bourne sebagai tokoh utama, melainkan Aaron Cross yang diperankan oleh Jeremy Renner.

Meskipun tokoh itu sudah identik dengan dirinya, Damon siap diganti dengan aktor yang lebih muda kapan saja.

"Suatu saat nanti saya pasti diganti Jason Bourne muda. Itu terjadi pada semua orang dan mereka (film) selalu membuat daur ulang, jadi tidak masalah (jika diganti aktor muda)," kata Damon dalam konferensi pers promo film Jason Bourne di Seoul, Korea Selatan, Jumat (8/7/2016).

Ia menambahkan, yang bisa ia awasi dan kendalikan adalah proyek Jason Bourne di mana ia terlibat.

"Saya menjadi kuratornya selama saya terlibat. Karena itulah saya harus memastikan bahwa kami melibatkan orang-orang kreatif yang sama dalam film (Jason Bourne) ini," lanjut nomine aktor terbaik Academy Awards 2016 itu.

Matt Damon pernah mengatakan ia hanya mau kembali menjadi Jason Bourne jika disutradarai oleh Paul Greenberg. Syarat itu rupanya dipenuhi. Jason Bourne disutradarai oleh Greenberg.

Damon mengakui perannya sebagai Jason Bourne berpengaruh besar dalam kehidupan dan kariernya industri film.

Namun, kata Damon, tidak mudah baginya harus menjalani berbagai adegan laga di usianya yang sudah 45 tahun ini.

"Sulit ketika usiamu sudah 45 tahun dibandingkan ketika kamu 29 tahun, kamu masih harus berlari kencang. Bagian itu memang menjadi tantangan," ujar Damon.

Matt Damon menambahkan penggemar film Bourne akan mendapati hal-hal baru dalam film kelima ini.

"Anda akan menyaksikan hal-hal khas film Jason Bourne, tetapi terasa baru dan sesuai masa sekarang," ungkap Damon.

Ia memberi contoh adegan kejar-kejaran mobil besar-besaran. Untuk adegan ini sekitar 170 mobil diderek ke depan air mancur Bellagio Hotel di Las Vegas Boulevard.

"Lebih besar dari yang pernah kami lakukan sebelumnya, tetapi tetap menimbulkan kesan mendalam seperti adegan mobil berkejaran khas Bourne. Saya berharap ini yang terbaik," kata Damon.

Jason Bourne akan mulai diputar serentak pada 27 Juli 2016. Film ini juga dibintangi Alicia Vikander, Julia Styles, Vincent Cassel, dan Tommy Lee Jones.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com