Dian Sastrowardoyo Anggap Observasi Kartini seperti Membuat Skripsi

Kompas.com - 14/07/2016, 20:23 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo (34) mengaku tak pernah puas saat melakukan observasi untuk perannya sebagai Kartini.

Dian selalu merasa kurang banyak membaca tentang sosok pahlawan emansipasi wanita itu.

"Dibilang sedikit enggak, persiapannya, kalau banyak saya enggak boleh takabur. Saya pasti kurang persiapannya," kata Dian pada acara syukuran film Kartini di XXI Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).

"Saya mencoba membaca semua literasi yang membantu saya menjadi sosok Kartini. Dengan keterbatasan saya di sini belum semua di-share bacaannya ke saya," kata Dian 

Bintang Ada Apa dengan Cinta? ini mengibaratkan risetnya kali ini seperti untuk pembuatan skripsi, saking banyaknya materi yang harus ia baca.

"Banyak literasi yang saya baca, saat ini saya masih menyelesaikan bacaan Habis Gelap Terbitlah Terang karya Armijn Pane. Saya jadi kayak lagi bikin skripsi," ujarnya.

Dian menjelaskan ia perlu membaca dengan seksama semua materi tentang Kartini yang ia peroleh. Sebab ia ingin memberikan yang terbaik ketika memerankan sosok Kartini.

"Jadi akan sangat memalukan kalau saya tidak bisa memerankan dengan baik. Saya bukan aktor yang baik kalau enggak bisa perankan ini," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.