Saipul Jamil Mengaku Tak Tahu Uangnya Digunakan untuk Apa oleh Kakaknya

Kompas.com - 18/07/2016, 12:31 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menurut kuasa hukumnya, penyanyi dangdut Saipul Jamil selama ini tak tahu bahwa uangnya digunakan oleh kakaknya, SH, untuk hal yang diduga dilakukan oleh SH, yaitu penyuapan.

Namun, lanjut Tito Hananta Kusuma, kuasa hukum Saipul, kliennya itu mengaku memberikan uang kepada SH untuk membayar keperluan para kuasa hukum dan saksi ahli terkait kasus pencabulan yang dilakukan oleh Saipul.

"Karena, begini, sebenarnya itu memang benar uang Ipul. Tapi, dia enggak tahu penggunaannya untuk apa," ujar Tito kepada Kompas.com, ketika dihubungi pada Senin (18/7/2016).

"Selama ini ia kira uang itu untuk membayar, buat pengacara, saksi ahli, bukan untuk menyuap R (panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara)," ujarnya lagi.

Masih menurut Tito, Saipul, yang ketika itu merasa dalam keadaan tertekan sebagai terdakwa dan tertekan, memilih mempercayakan segalanya kepada Samsul.

"Orang yang ditahan kan lagi tertekan, pusing, jadi dia serahkan penggunaan uang itu sepenuhnya sama kakaknya, untuk biaya lawyer dan saksi ahli," jelasnya.

Meski demikian, Saipul mengaku siap menghadapi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa. Ia pun berjanji untuk bersikap kooperatif.

"Pesan dari Saipul, dia ingin tetap menghormati proses dari KPK. Kita lihat nanti sejauh mana penilaian KPK," ucapnya.

Senin (18/7/2016), Saipul diperiksa oleh para penyidik KPK di Jakarta sebagai saksi kasus dugaan penyuapan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, terkait kasus pencabulan yang dilakukan oleh Saipul atas DS, yang disebut berusia di bawah umur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.