Lika-liku Restorasi Film "Tiga Dara"

Kompas.com - 03/08/2016, 21:16 WIB
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Butuh waktu 17 bulan untuk bisa merestorasi film legendaris Tiga Dara (1956) karya Usmar Ismail menjadi format 4K dengan suara lebih tajam, bersih dan detail lebih lengkap yang tak terlihat pada versi sebelumnya.

Awalnya inisiatif merestorasi film ini akan dilakukan oleh pemerintah Belanda melalui EYE Museum Amsterdam pada 2011. Namun, proses itu tertunda akibat krisis ekonomi di Eropa.

Restorasi akhirnya diambil alih oleh SA Films. Seluloid film Tiga Dara, yang tadinya berada di Amsterdam, dikembalikan ke Indonesia.

"'Mengapa bukan orang Indonesia yang aktif mengamankan film kita sendiri?," papar Yoki P Soufyan dari SA Films retoris dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Proses yang memakan dana sekitar Rp 3 miliar ini melibatkan dua orang Indonesia. Laboratorium L'immagine Ritrovata di Bologna, Italia dipilih jadi pihak yang akan merestorasi fisik seluloid film.

"Bologna dipilih karena mereka sudah kenal dengan jamur dari negara tropis," ujarnya.

Itu adalah salah satu bentuk kerusakan fisik pada seluloid film. Dalam restorasi fisik, seluloid film Tiga Dara diperiksa dengan detail sebelum diperbaiki, misalnya apakah ada yang robek atau tergores.

Ada juga kerusakan kimiawi di mana terdapat kristal-kristal debu yang umum terjadi bila seluloid disimpan di negara tropis.

Restorasi fisik "Tiga Dara" berlangsung selama delapan bulan. Debu dan kotoran di seluloid --seperti sidik jari, bekas lem, bekas tekukan, hingga serangga yang menempel --sebagian besar telah dibersihkan.

Namun, perjuangan masih belum selesai. Masih ada restorasi digital di mana setiap kerusakan pada frame harus diperbaiki.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.