Artika Sari Devi Belajar Mandiri

Kompas.com - 12/08/2016, 15:00 WIB
Artika Sari Devi, diabadikan di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANArtika Sari Devi, diabadikan di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2016).
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sejak kecil, model dan artis film Artika Sari Devi (36) terbiasa melihat sang bunda mengerjakan berbagai hal, mulai dari antar jemput anak-anak, memperbaiki mesin mobil yang ngadat, hingga membetulkan genteng rumah.

Didikan dan kemandirian sang bunda itu pula yang membuat Puteri Indonesia 2004 ini berani mengajari anak untuk mandiri sejak dini.

Anak pertamanya, Abbey, yang kini duduk di kelas II SD, sejak berusia empat tahun belajar mengerjakan pekerjaan ringan sendiri.

"Dia sekarang bisa membacakan buku cerita untuk adiknya, bahkan mengingatkan ayahnya agar tak lupa menyikat gigi sebelum tidur," kata Tika dalam kampanye #mommyslittlepartner di Senayan, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Kampanye tersebut berlangsung Agustus-September.

Perihal menyikat gigi, Tika menyebutkan, Abbey tak mudah percaya ayahnya sudah melaksanakan kewajiban tersebut.

"Dia akan menyuruh ayahnya nyengir memamerkan gigi, he-he," ujar Tika geli.

Tika pun menuturkan sangat bahagia memiliki keluarga seperti sekarang.

Baginya, mendapat anak adalah berkah luar biasa, sekaligus tantangan yang menguras energi, tenaga, dan pikiran.

"Menjadi ibu adalah seni dan mengajarkan hal baik perlu tindakan konsisten agar menjadi kebiasaan baik. Mulai dari hal-hal kecil," ucapnya. (TIA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 Agustus 2016, di halaman 32 dengan judul "Belajar Mandiri".



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X