Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehilangan Tempat Penting, Gerald Situmorang Bikin Proyek Musik Solo

Kompas.com - 16/08/2016, 12:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris Gerald Situmorang (27), yang selama ini mendukung band Monita Tahalea & The Nightingales, membuat proyek musik solo.

Gerald, yang juga merupakan bagian dari duo Sketsa, grup Barasuara, dan Hemiola Quartet, kini merilis single solo "Old Stories".

Single itu merupakan lagu instrumentalia yang disajikan dengan gitar akustik oleh pemuda yang biasa dipanggil GeSit ini.

Single tersebut terinspirasi oleh ikatan emosionalnya dengan suatu tempat.

"Proyek musik ini tercetus ketika saya mengetahui jika saya akan kehilangan sebuah tempat yang begitu memiliki pengaruh besar untuk saya pribadi. Sebuah studio yang memberikan banyak inspirasi saya dalam bermusik di rumah salah satu sahabat saya, Marco Steffiano (drummer Barasuara) yang akan pindah rumah," jelas GeSit dalam keterangan tertulis.

"Kurang lebih semua proyek musik yang saya jalankan lahir dari ruangan itu dan entah mengapa aura, reverb dan sound yang dihasilkan ruangan itu selalu membuat saya pribadi merasa ada keunikan tersendiri," lanjut GeSit.

Video "Old Stories" diunggah ke akun YouTube Gerald Situmorang. Video tersebut dibikin dengan bekerja sama dengan fotografer Davian Akbar.

GeSit, yang telah bekerja sama dengan Tohpati, Erwin Gutawa, Indra Lesmana, dan Riza Arshad, juga akan merilis album solo berjudul Solitude dalam waktu dekat.

"Semua musik yang saya kerjakan berdasar dari sebuah kejujuran. Jujur akan kecintaan saya terhadap musik, semua yang saya rasakan dan yang saya tuangkan di dalamnnya," ungkapnya.

GeSit lahir di Jakarta pada 31 Mei 1989 dan mulai bermain gitar pada usia 13 tahun.

Awalnya, ia belajar pada Armstrong Pitoi dari New Breeze selama tiga tahun, kemudian Nikita Dompas selama satu tahun.

GeSit memenangi penghargaan pertamanya dalam eX Jazz Battle 2009 bersama BAG Trio dan menerima penghargaan khusus Excellent Duo in Jazz dengan Gerald & Ryan dalam Kompetisi Jazz Goes to Campus ke-31.

Ia menerima penghargaan Best Newcomer Artist dengan Hemiola Quartet dari Jazz Goes to Campus ke-36. (Nanien Yuniar/Heppy Ratna)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com