Sumbangsih Bisma Karisma untuk Indonesia

Kompas.com - 17/08/2016, 08:48 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Personel boyband Sm*sh, Bisma Karisma, mengungkapkan salah satu hal yang bisa ia berikan untuk Indonesia, yakni mempelajari seni bela diri silat.

"Yang terdekat ini yang saya pribadi lakukan untuk Indonesia adalah, saya belajar silat," ucapnya dalam wawancara di Star Dimsum, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2016).

Kendati awalnya ia belajar silat karena tuntutan peran dalam sebuah film, Bisma kemudian berpikir hal itu sekaligus membuatnya menghargai tradisi bangsa.

"Yang seumuran atau di bawah saya, sangat sedikit yang menghargai tradisi Indonesia," ujarnya.

Karena itu, ia betul-betul serius ketika dilatih silat oleh aktor laga Cecep A Rahman dan Charles Gozali selama delapan bulan.

"Arti silat seperti apa saya dalamin. Ada Wiraga, Wirahma, Wirasa. Mudah-mudahan bisa dijadikan contoh bahwa silat itu tidak kolot," kata Bisma.

"Cuma saya masih jauh (dari kata jago). Saya mah masih pemula. Tapi intinya, silat perlu dilakukan," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.