Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julie Estelle: Monolog untuk Pahlawan

Kompas.com - 19/08/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Membawakan teks monolog merupakan pengalaman pertama bagi pemain film Julie Estelle (27).

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Ke-71 Indonesia, ia mendapat banyak pelajaran dalam proses persiapan pertunjukan "Puisi Surat Cinta untuk Pahlawan", Minggu (14/8/2016), di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

"Sebetulnya ingin mencoba dari dulu, tapi belum ada waktu yang tepat. Senang sekali diajak berkolaborasi. Saya kira akan membacakan puisi, sampai akhirnya dikasih tahu, naskahnya panjang sekali. Rasanya deg-degan luar biasa," kata Julie.

Selain mengapresiasi perjuangan para perempuan pahlawan Indonesia, rasa nasionalismenya tergali lewat pertunjukan yang diiringi alunan lagu dari grup musik Alunada.

Ia membacakan kisah perjuangan beberapa perempuan pahlawan Indonesia.

Penampilan pertamanya tak semulus yang ia perkirakan. Julie pun meleset mengucapkan secara benar beberapa kata dari naskah yang dibacakan.

Lagu "Melati Suci" membuatnya terhanyut suasana dan tersendat saat mengucapkan kata per kata.

"Masih belajar dan terbawa suasana. Jadi, pada saat mengucapkan sempat tersendat. Apalagi untuk mengucapkan nama tokoh dan tahun yang harus benar-benar presisi," ungkap Julie.

Untuk menyempurnakan penampilannya, Julie berdiskusi dengan pemain teater Widi Dwinanda yang juga membacakan monolog bersamanya serta Mia Ismi, vokalis Alunada sekaligus sang pembuat naskah. (C07)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Agustus 2016, di halaman 32 dengan judul "Monolog untuk Pahlawan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com