Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tari Tiang Bawa Asmara Abigail ke "Setan Jawa"

Kompas.com - 22/08/2016, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video tari tiang Asmara Abigail berhasil memikat Garin Nugroho. Sineas itu kemudian mengajaknya bermain dalam film bisu dengan tema mitologi Jawa berjudul Setan Jawa, yang menggabungkan seni sastra, tari, musik dan visual.

"Latar belakang saya tari tango, flamenco dan pole dancing," kata Asmara Abigail dalam konferensi pers film Setan Jawa di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Senin.

Saat diminta mengirimkan video menari, Asmara, yang berjumpa dengan Garin saat pesta film Tjokroaminoto, mengirimkan video tari tiangnya ke Garin.

Asmara menuturkan video tari tiang itu dia buat untuk memenuhi persyaratan beasiswa kursus musim panas di sebuah institut seni di Milan, Italia.

Ia mengombinasikan tari tiang dan tari tango menjadi film pendek tentang kebudayaan Italia.

"Video yang dikirim ke Mas Garin itu juga membuat saya bisa dapat beasiswa," katanya berseri-seri.

Garin menilai Asmara punya ekspresi yang tepat untuk berperan sebagai Asih dalam film terbarunya.

Asmara digembleng latihan intensif tari Jawa di Solo selama dua pekan sebelum pengambilan gambar dimulai.

Tari klasik Jawa hingga interpretasi tari klasik Jawa ke gerakan binatang ia pelajari bersama para maestro dari Institut Seni Indonesia.

Di tiap adegan, Asmara menari dengan orang yang berbeda. Ada yang berperan sebagai ibunya, suaminya, raja setan, hingga badut. Mereka sama-sama menciptakan komposisi tari yang dirasa akan pas untuk film bisu ini.

"Ini momen yang saya suka, discover semuanya sama-sama, terasa sekali ini kerja bareng-bareng," kata Asmara, yang menonton film bisu seperti Metropolis dan Mata Hari untuk riset.

Penari dan model itu berperan sebagai Asih, perempuan Jawa ningrat yang dipingit keluarganya.

Ia jatuh cinta pada Setio, pria miskin yang mencari kekayaan mendadak lewat pesugihan agar lamarannya diterima keluarga Asih.

Perempuan Jawa itu kemudian bertemu dengan setan untuk menyelamatkan nasib sang suami.

"Saya suka karakter ini karena memperlihatkan sisi kekuatan perempuan Jawa," ujar Asmara, yang baru pertama kali berperan dalam film panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com