"Parade Paduan Suara" Bentara Budaya Kembali Digelar

Kompas.com - 24/08/2016, 17:45 WIB
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG"Parade Paduan Suara: Ode Bulan Agustus #2" di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan, Rabu (24/8/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentara Budaya kembali menggelar "Parade Paduan Suara: Ode Bulan Agustus" tahun ini.

Kegiatan dalam rangka merayakan kemerdekaan RI ke-71 tersebut diadakan di empat daerah, yakni Jakarta, Solo, Bali, dan Yogyakarta.

"Ini merupakan cara kaum muda memperingati 17 Agustus. Udah dua kali diadakan. Direncanakan menjadi agenda tahunan," kata General Manager Bentara Budaya Frans Sartono kepada Kompas.com di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan, Rabu (24/8/2016).

"Ode Bulan Agustus" ini sudah diawali di Bentara Budaya Bali pada 21 Agustus 2016 lalu yang menampilkan lima kelompok paduan suara.

Selanjutnya diadakan di BBJ mulai hari ini pukul 19.30 WIB hingga Jumat (26/8/2016).

Dalam tiga hari ini, akan ada 10 kelompok paduan suara yang bakal tampil. Di antaranya, Trilogi Choir Universitas Trilogi, PSM Universitas Indonesia Paragita, Impromptu Singers, dan Shanti Swara Kompas Gramedia.

Juga ada Ultima Sonora Universitas Multimedia Nusantara yang baru-baru ini menyabet tiga penghargaan di Singapura.

"Sifatnya kan parade. Kami ingin merayakan, bersyukur, dan mengungkapkan rasa cinta Tanah Air lewat paduan suara," kata Frans.

Mereka nantinya membawakan lagu-lagu bertema nasionalis atau patriotik dan lagu daerah. Contohnya, "Indonesia Raya", "Si Patokaan", "Negeriku", dan "Soleram".

"Intinya kebersamaan dalam merayakan 17 Agustus. Mendoakan Indonesia. Karena itu, lagu-lagunya bertemakan doa, rasa syukur atas kemerdekaan. Lagu-lagu perjuangan dan daerah," ucap Frans lagi.

Setelah Jakarta, parade ini kemudian akan diadakan di Balai Soedjatmoko Solo pada 30 Agustus 2016 dan Bentara Budaya Yogyakarta pada 31 Agustus 2016.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X