Karawitan dan Tari Piring Buka "Parade Paduan Suara" Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 24/08/2016, 20:40 WIB
Kelompok Tari Bentara Muda membuka gelaran KOMPAS IMAGES/ANDREAS LUKAS ALTOBELIKelompok Tari Bentara Muda membuka gelaran "Parade Paduan Suara: Ode Bulan Agustus #2" di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2016) malam.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seni suara karawitan mengawali gelaran "Parade Paduan Suara: Ode Bulan Agustus #2" di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2016) malam.

Sekitar pukul 19.30 WIB, 21 anggota Karawitan Bentara Muda yang mengenakan pakaian adat Jawa mengambil posisi di panggung BBJ. Mereka kemudian menyajikan lagu daerah sambil memainkan gamelan.

Usai itu, tujuh penari dari Kelompok Tari Bentara Muda mengambil alih panggung.

Dengan berbusana adat Minangkabau, mereka lalu mempersembahkan Tari Piring kepada penonton yang sudah memenuhi area BBJ.

Sajian ini sebagai pembuka empat kelompok paduan suara yang akan tampil membawakan lagu-lagu patriotik dan daerah dalam parade ini. Mereka adalah Trilogi Choir Universitas Trilogi, PSM Universitas Indonesia Paragita, Impromptu Singers, dan Shanti Swara Kompas Gramedia.

"Parade Paduan Suara: Ode Bulan Agustus" ini merupakan gelaran kedua sejak kali pertama diadakan pada 2015 lalu. Sesuai temanya, kegiatan dalam rangka merayakan kemerdekaan RI ke-71 tersebut diadakan di empat daerah, yakni Jakarta, Solo, Bali, dan Yogyakarta.

Dalam tiga hari ini, akan ada 10 kelompok paduan suara yang bakal tampil. Di antaranya, Trilogi Choir Universitas Trilogi, PSM Universitas Indonesia Paragita, Impromptu Singers, dan Shanti Swara Kompas Gramedia.

Juga ada Ultima Sonora Universitas Multimedia Nusantara yang baru-baru ini menyabet tiga penghargaan di Singapura.

"Ode Bulan Agustus" ini sudah diawali di Bentara Budaya Bali pada 21 Agustus 2016 lalu yang menampilkan lima kelompok paduan suara.

Setelah Jakarta, parade ini kemudian akan diadakan di Balai Soedjatmoko Solo pada 30 Agustus 2016 dan Bentara Budaya Yogyakarta pada 31 Agustus 2016.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X