Tanam Trembesi, Barasuara Ikut Bikin "Adem" Candi Prambanan

Kompas.com - 25/08/2016, 13:02 WIB
Barasuara ikut menanam pohon pada acara Djarum Trees for Life, Rabu (24/8/2016). Dok. Kompas.com/Anne Anggraeni FathanaBarasuara ikut menanam pohon pada acara Djarum Trees for Life, Rabu (24/8/2016).
|
EditorLatief


KOMPAS.com – Grup band Barasuara ikut tanam pohon trembesi di pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu (24/08/2016). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara Djarum Trees for Life yang selanjutnya akan menanam 300 pohon di dalam komplek candi itu.

"Acara ini bagus sekali untuk meningkatkan awareness dan mengkonservasi lahan hijau (yang habis) karena pembangunan. Jadi, masyarakat juga bisa bergerak ikut melakukan penghijauan di tempat tinggalnya," ujar Iga Massardi, vokalis Barasuara, yang ditemui Kompas.com.

Menurut Iga, kegiatan ini juga bisa jadi contoh pada masyarakat agar selanjutnya mampu bergerak sendiri. Jika masyarakat secara pribadi tersadar untuk menanam pohon, lahan hijau juga diharapkan bisa semakin banyak.

"Menanam pohon juga bukan rocket science, jadi sangat realistis. Urusan merawat pohon itu nantinya kembali ke pribadi masing-masing. Kalau ada niat, pasti ada jalan," ujar Iga.

Nantinya area Candi Prambanan tidak hanya akan dipenuhi oleh pohon trembesi, tetapi juga tanjung, asem jawa, dan berbagai tumbuhan rindang lainnya. Sebagai penggagas, pihak Djarum Foundation akan mengawal penanaman serta perawatan tumbuhan hingga tiga tahun ke depan.

Penanaman pohon di sekitar candi juga akan diikuti dengan kegiatan penghijauan di sepanjang jalan Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Kegiatan ini menjadi lanjutan dari penanaman pohon yang sudah dilakukan di Jalur Pantura dan Lingkar Pulau Madura.

Dok. Kompas.com/Anne Anggraeni Fathana Barasuara tampil dalam acara Djarum Trees for Life dari Djaruum Foundation.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal sederhana

Selain melakukan penghijauan, menjaga lingkungan juga sebaiknya dilakukan sebagai kebiasaan sehari-hari. Masyarakat dapat memulai hal ini dari aksi paling sederhana.

"Kebiasaan buruk yang paling sederhana dan paling sering kita jumpai sih buang sampah sembarangan ya. Tapi, itu entah karena enggak sadar atau lupa atau mungkin karena ketersediaan tempat sampah kurang banyak," kata TJ Kusuma, gitaris Barasuara.

TJ Kusuma melanjutkan bahwa sebaiknya tempat sampah bisa disediakan lebih banyak. Hal itu bisa menjadi dukungan pemerinta agar individu punya kesadaran menjaga lingkungan.

"Kami dari Barasuara sudah cukup terbiasa untuk tidak buang sampah sembarangan, hemat lampu, dan hemat air. Kalau mandi airnya sedikit, atau kalau perlu enggak mandi," tambah TJ sambil tertawa.

Sebelum menanam pohon, Barasuara turut membagikan bibit tanaman serta alat tanam pohon kepada 17 camat dari kecamatan di sekitar Kabupaten Sleman. Band ini kemudian menutup acara dengan membawakan lagu-lagu andalannya.

(Baca JugaRibuan Trembesi Bakal Bikin "Adem" Kawasan Candi Prambanan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.