Film Pendek Indonesia "On the Origin of Fear" Diputar Perdana di Festival Film Venice

Kompas.com - 11/09/2016, 08:48 WIB
Tim film On the Origin of Fear berfoto di depan Palazzo Del Cinama, tempat penyelenggaraan Festival Film Venice 2016. Tampak bendera Merah Putih berkibar di atas gedung megah tersebut. Istimewa/KawanKawan Film - LimaEnam FilmsTim film On the Origin of Fear berfoto di depan Palazzo Del Cinama, tempat penyelenggaraan Festival Film Venice 2016. Tampak bendera Merah Putih berkibar di atas gedung megah tersebut.
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Film pendek Indonesia On the Origin of Fear diputar perdana di Festival Film Venice, Venice, Italia, yang berlangsung dari 31 Agustus hingga 10 September 2016.

Film karya sutradara Bayu Prihantono Filemon itu terpilih berkompetisi dengan enam film lainnya di seksi Orizzonti.

“Saya sangat senang bisa membawa film Indonesia berkompetisi di festival yang prestisius ini. Film "On the Origin of Fear" adalah film yang saya dedikasikan untuk generasi muda Indonesia," kata Bayu melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (10/9/2016).

Film On the Origin of Fear berkisah tentang seorang pengisi suara (dubber) yang memerankan korban dan pelaku dalam sebuah film tentang peristiwa G30SPKI.

"Ini adalah film tentang saya, tentang generasi saya. Tentang bagaimana saya dan anak-anak muda indonesia lainnya menjadi saksi dari bagaimana peristiwa tragedi '65 versi sejarah resmi pemerintah dibangun melalui reproduksi sinematis atas teror dan rasa takut," papar Bayu.

"Dan saya pikir, kita semua harus dengan besar hati menerima bahwa ada narasi-narasi alternatif mengenai peristiwa 65, termasuk narasi dari generasi muda," lanjut dia.

Tim film On the Origin of Fear yang terdiri dari Bayu Prihantoro, Yulia Evina Bhara, Amerta Kusuma dan Pritt Timoty hadir dalam perhelatan film tertua di dunia tersebut.

Keberangkatan delegasi difasilitasi oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kemdikbud RI.

Film On the Origin of Fear diproduksi bersama oleh KawanKawan Film dan Limaenam Films.

Produser Amerta Kusuma dan Yulia Evina Bhara mengatakan, dari Venice, film tersebut akan diputar di Festival Film Internasional Toronto (Kanada) dan Festival Film Internasional Busan (Korea Selatan).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X