Gugun Blues Shelter: Album Bahasa Indonesia

Kompas.com - 21/09/2016, 18:10 WIB
Gugun Blues Shelter tampil di Festival Kopi Flores 2016 di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (16/9/2016) malam. KOMPAS/HERU SRI KUMOROGugun Blues Shelter tampil di Festival Kopi Flores 2016 di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (16/9/2016) malam.
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com - Gugun Blues Shelter, band dengan personel Gugun (gitar), Bowie (drum), dan Fajar (bas), sedang menyiapkan album ke-9. Menurut Gugun, pentolan grup ini, mereka sudah rekaman bersamaan saat pentas di New York, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu. Foto untuk sampul keping cakram juga sudah dipilih.

"Tinggal penyelesaian akhir. Bulan November, kami edarkan," ujar Gugun seusai tampil di Festival Kopi Flores 2016 di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (16/9) malam.

Soal mengapa rekaman dilakukan di New York, Bowie menjawab, "Karena kami bertiga bisa berkumpul. Kalau di sini, malah susah ketemu, he-he...."

Gugun Blues Shelter (GBS) termasuk produktif membuat album. Sejak berdiri tahun 2004, setidaknya tiap dua tahun kelompok ini mengeluarkan album baru. Selama ini lagu mereka hanya berbahasa Inggris atau campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

"Kami buat album bahasa Indonesia untuk memudahkan masuk kota kecil. Sebenarnya mereka bisa berbahasa Inggris, tapi kalau menyanyi lagu bahasa Indonesia, kesan kami band Indonesia lebih kuat," lanjut Gugun.

GBS tak hanya sering manggung di Benua Amerika dan Eropa, tetapi juga di kota-kota kecil di Tanah Air, seperti Purworejo. Warga di daerah-daerah ternyata juga menyukai musik blues yang diperkaya dengan unsur rock, soul, dengan petikan gitar ciamik Gugun, ditingkah betotan bas Fajar dan gebukan drum Bowie. (TRI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 21 September 2016, di halaman 32 dengan judul "Album Bahasa Indonesia".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.