Ikke Nurjanah Ajarkan Cengkok Dangdut ke Mahasiswa Amerika

Kompas.com - 30/09/2016, 18:17 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi dangdut Ikke Nurjanah (42) baru saja menyelesaikan rangkaian perjalanan “Amerika Terlena Dangdut 2016".

Salah satu kegiatan yang dilakukan Ikke di sana adalah memberi materi kuliah di Pittsburg University.

Pada kesempatan tersebut, pelantun lagu "Gantung" itu juga memberi sedikit pelatihan menyanyikan lagu dangdut dengan cengkok yang baik dan benar. Ia menggunakan lagunya, "Terlena".

“Iya, aku sempat bikin coaching kecil sih. Habisnya karena mereka begitu serius banget dan fokus. Padahal, ini kan ngomongin musik dangdut. Akhirnya aku coba cairkan suasana, aku coba improvisasi,” kata Ikke di Redaksi Kompas.com di Palmerah Selatan, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2016).

Ajakan Ikke melantunkan lagu dengan cengkok dangdut itu pun berhasil mencairkan suasana.

"Modal entertainer ya lumayan, sesuatu yang memang otentik dangdut. 'Terlena' itu aku coba cengkoknya, ekspresi cengkok, tempo, penjiwaan pendalaman. Cuma dengan 'Terlena' dan 'Terajana'," ujarnya.

“Karena kan kalau Terajana sudah sekalian mengajarkan isi dari dangdut itu dari liriknya, ‘sulingnya suling bambu, gendangnya kulit lembu’,” imbuhnya.

Seusai ia mempresentasikan mengenai cengkok dangdut, ada salah satu mahasiswa yang ingin mencoba bagaimana menyanyikan lagu dangdut dengan cengkok yang benar.

“Ada mahasiswa kulit hitam yang pengin nyoba. Aku pikir kan kalau kulit hitam akan mudah main cengkok. Karena kan kalau RnB itu ada cengkoknya juga. Ternyata tetap sulit juga ya. Bisa, cuma tetap enggak bisa gimana ya, tetap kurang pas. Memang sulit,” ucap Ikke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.