Mengapa Tokoh Ancient One Jadi Perempuan di Film "Doctor Strange"?

Kompas.com - 14/10/2016, 10:12 WIB
|
EditorKistyarini

HONGKONG, KOMPAS.com - Ada perbedaan gender tokoh Ancient One antara komik dan film Doctor Strange.

Karakter Ancient One merupakan mentor Doctor Strange di perguruan Kamar-Taj. Di dalam komik, Ancient One adalah lelaki tua berumur lebih dari 500 tahun.

Namun di filmnya, tokoh itu diperankan oleh aktris Inggris, Tilda Swinton.

"Keputusan pertama yang saya buat untuk mencoba mengatasi stereotip dalam komik adalah membuatnya (Ancient One) menjadi wanita," kata Derrickson dalam di Ritz Carlton, Kowloon, Hong Kong, Kamis (13/10/2016).

Sebab menurut dia, Ancient One adalah hasil dari stereotip lama Amerika Serikat terhadap karakter orang-orang Timur bahwa mentor yang bijak adalah seorang lelaki tua.

"Saya ingin sesuatu yang lain. Dan untuk menjauhi sisi klise bahwa seorang mentor itu adalah yang tua, lelaki tua," kata Derrickson.

Dengan menempatkan karakter perempuan sebagai mentor, Derrickson juga ingin menciptakan keberagaman dan keseimbangan dalam kisah Doctor Strange.

"Saya pikir keberagaman merupakan tanggung jawab seorang sutradara dan produser. Tapi saya ambil tanggung jawab itu dengan serius dan saya ingin membawa keseimbangan dalam film ini," katanya.

"Saya kira ini unik untuk film Marvel. Kami melewatkan perempuan muda dengan pakaian ketat terlihat super, a fanboy dream girl," tambahnya.

Film Doctor Strange mengisahkan tentang dokter ahli bedah terkemuka bernama Stephen Strange.

Berawal dari sebuah kecelakaan mobil, ia kemudian berubah menjadi pahlawan super usai berguru di Kamar-Taj.

Doctor Strange yang merupakan produksi Marvel Studios akan tayang mulai 4 November 2016 di jaringan bioskop Amerika Serikat.

Namun film tersebut akan diputar pertama di Hongkong pada 27 Oktober 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.