Cakravala Mandala Dvipantara Bawa Musik Tradisional Nusantara Campur Musik "Barat" ke Frankfurt

Kompas.com - 14/10/2016, 10:59 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -- Grup musik kontemporer Cakrawala Mandala Dvipantara (CMD) dari Bandung, Jawa Barat, akan membawa musik yang memadukan musik tradisional nusantara dengan jazz, blues, atau rock progresif ke Frankfurt Book Fair (FBF) 2016.

FBF 2016 akan diadakan di Frankfurt, Jerman, pada 19-23 Oktober 2016.

CMD menaungi tujuh anak muda, yaitu Bintang Manira Manik, Safina Tiara Nadisa, Said Abdullah, Pangestu Hning Bhawana, Rifky Adam, Yudi Taryudi, dan Ganjar Purnama.

Untuk mewujudkan konsep musik mereka itu, CMD menggunakan alat-alat musik bas, gitar, biola, dan drum, serta kendang, tabla, gambus, karinding, kecapi, shurti, suling, tarawangsa, rebab, dan tarumpet penca,

Di Jerman, mereka juga tampil dalam acara-acara lain di tempat-tempat lain.

"Selain di Frankfurt Book Fair, kami akan melanjutkan misi budaya kami di Wiesbaden dengan penampilan 27 Oktober 2016 dan di United Nations Day di Bonn pada 29 Oktober 2016," terang Bintang Manira Manik, Music Director CMD, dalam jumpa pers di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, pada Kamis (13/10/2016).

Pada FBF 2016, CMD mendapat 13 jadwal pertunjukan dalam lima hari. Mereka menyiapkan 45 lagu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka juga akan berkolaborasi dengan dua pesilat Betawi Ramdhani Silibet dan Asril Umay dari perguruan silat Inti Raga Silibet.

Bintang menjelaskan bahwa komposisi musik yang dimainkan oleh CMD diberi nama Raag of Javadwipa.

Komposisi musik itu diharapkan bisa menjadikan musik tradisional nusantara mendunia dengan memadukannya dengan musik "barat".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.