104 Musisi Lintas Genre Siap Gebrak Synchronize Fest 2016

Kompas.com - 19/10/2016, 18:33 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 104 musisi Tanah Air lintas generasi dan lintas genre bakal mengentak panggung Synchronize Fest 2016 pada 28, 29, dan 30 Oktober.

Mulai solois hingga band dari dekade 1970-an sampai 2000-an akan tampil di panggung festival yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, ini.

Di antaranya ada Blackteeth, Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, Matajiwa, Endank Soekamti, Pee Wee Gaskins, Navicula, Tulus, Kunto Aji, Tony Q, Mocca, dan Gugun Blues Shelter. Lalu tak ketinggalan pula The Groove, Glenn Fredly, Sheila on 7, Monita, Efek Rumah Kaca, dan masih banyak lagi.

Ada yang mengusung genre heavy metal, R&B, jazz, EDM, ska, rock & roll, reggae, hip hop, punk, blues, metalcore, pop, folk, bossa nova, hingga dangdut.

"Kami ingin buat bhineka tunggal ika dalam musik industri," kata Direktur Synchronize Fest David Karto dalam jumpa pers di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (19/2016).

"Misalnya, musik death metal nan brutal akan bertemu empasan dangdut legendaris, horror punk berbagi slot dengan indie rock kekinian, jazz eksperimental bertemu gerombolan hip hop 90-an, grindcore berjumpa dengan pop mainstream, hingga punk rock bersanding dengan aura folk," tambahnya.

Program Director Synchronize Fest Rizky Aulia, menambahkan bahwa menyatukan 104 musisi dari beragam aliran musik bukanlah pekerjaan mudah. Mulai dari menyeleksi siapa saja para penampilnya hingga mengatur jadwal manggung mereka.

"Tantangan terbesarnya berlaku adil. Band-nya kami bagi rata," kata Rizky.

"Proses kurasinya. Kami pecah dulu genre musik di Indonesia apa saja. Terus siapa yang punya peranan dari tahun 70-an sampai sekarang. Kami urutin dulu yang pernah stand out di industri pada masanya," tambahnya.

Tak hanya menyajikan pertunjukan musik selama tiga hari, Synchronize Fest 2016 juga akan menyediakan area hiburan lainnya. Ada Movie Area yang bakal memutar film-film yang didukung oleh Kineforum, ada pula Record Market, Visual Experience, Clothing Area, dan Food Trucks Area.

Untuk tiketnya, Early Entry dijual dengan harga Rp 145.000 dan Daily Regular Rp 200.000. Lalu ada pula, tiket 3-days pass seharga Rp 360.000 yang penjualannya dibuka dari 19 hingga 23 Oktober 2016.

Informasi lebih lanjut mengenai jadwal acara serta pembelian tiket dapat dilihat di www.synchronizefestival.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.