BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan OLX

Justin Bieber Saja Jual Barang Bekas, Anda Malah Malu?

Kompas.com - 26/10/2016, 09:56 WIB
Justin Bieber twitter/justinbieberJustin Bieber
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com-Mata Charmian berkaca-kaca ketika membuka kado ulang tahunnya kali ini. Dia mendapat hadiah kejutan dari sang ibu, yaitu celana jeans milik Justin Bieber!

Awalnya, Charmian sempat bercerita kepada sang ibu tentang penjualan barang milik Bieber di sebuah situs online. Ternyata, tanpa sepengetahuan Charmian, ibunya berusaha menawar beberapa barang di situs tersebut. Jeans itu adalah barang yang akhirnya dia dapatkan.

Justin Bieber adalah satu artis luar negeri yang pernah menjual barang bekas pakai. Banyak artis jamak melakukan hal yang sama, untuk hasilnya disumbangkan ke yayasan atau lembaga amal. Dilansir dari theguardian.com, Jumat (3/12/2016), Bieber pun menjual sejumlah barang bagi penggalangan dana untuk rumah sakit anak.

Selain Bieber, aktor Kevin Spacey juga pernah menjual barang bekas miliknya lewat sistem lelang di situs online, untuk menggalang dana bagi korban bencana. Salah satu barang yang dia lego adalah jas cokelat garis-garis.

Penjualan jas tersebut menghasilkan 160 poundsterling—setara sekitar Rp 2,7 juta—setelah lelang memenangkan penawaran Daniel Hopkins, penata rambut di Inggris.

Dari dalam negeri, ada pula pesohor Dian Pelangi yang punya kebiasaan serupa. Perancang busana muslim dan pemain film Dian Pelangi, misalnya, pernah menjual busana dan sepatu melalui garage sale—acara informal penjualan barang bekas.

Dilansir Kompas.com pada Jumat (3/4/2015), Dian melepas 30-40 pakaian dan sepatu pribadinya di penjualan itu. Model barang-barangnya masih sesuai zaman, kondisinya pun layak pakai. Seluruh hasil penjualan disumbangkan untuk membiayai pendidikan anak-anak kurang mampu di Indonesia.

Penyanyi Andien, pernah juga melego sejumlah sepatu lewat internet. Bahkan, dia mengajak artis dan tokoh lain ikut serta. Hasil penjualan dihibahkan kepada rumah singgah bagi para penderita kanker di Jakarta.

KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Andien Aisyah hadir dalam konferensi pers BerSHOEkur di Central Park Mall, Jakarta Barat, Minggu (26/6/2016) sore.

Ajakan Andien mendapat sambutan antara lain dari Raisa, Dian Sastrowardoyo, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menjual 200 pasang sepatu, inisiatif ini menghasilkan dana lebih dari Rp 100 juta.
 
Kebiasaan

Sebenarnya tak cuma artis yang sering menjual barang bekas pakai. Di luar negeri, misalnya, sudah biasa ada penjualan barang bekas yang tak lagi terpakai.

Biasanya, orang-orang di sana menjual barang-barang tersebut melalui garage sale atau di flea market—semacam bazar untuk penjualan barang-barang bekas.

Alasan menjual barang bekas pakai pun beragam. Paling umum, barang dijual agar tak menumpuk di rumah sekaligus untuk menghasilkan sejumlah uang.

Memang, hasil penjualan barang bekas pakai milik masyarakat biasa belum tentu sebanyak selebritis. Namun, tetap saja hasil penjualan itu bisa dipakai membantu mewujudkan sejumlah keinginan.

Menonton konser musik artis idola, membeli handphone tipe terbaru, atau liburan ke luar kota, misalnya, bisa dilakukan dengan bermodal hasil penjualan barang bekas.

Terlebih lagi, kini menjual barang bekas juga bisa lebih mudah, tak lagi harus ada garage sale atau flea market. Cukup pakai internet lewat situs jual beli online!

Umumnya, jumlah dan jenis barang yang dapat dijual di situs jual beli itu pun tak dibatasi. Di Indonesia, misalnya, ada OLX.

Situs jual beli online tersebut bahkan sekarang sedang menggelar program berhadiah #BekasJadiApapun. Selama program berlangsung, orang-orang yang menjual barang bekas lewat situs web ini berpeluang mendapatkan sejumlah hadiah.

Nah, kalau Justin Bieber dan sederet pesohor lain pernah menjual barang bekas, Anda pun tak perlu malu melakukan hal serupa, bukan?


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya