Demi Totalitas, Reza Rahadian Tak Pernah Setengah-setengah

Kompas.com - 02/11/2016, 13:21 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
– Reza Rahadian bisa dibilang bukan seorang aktor yang setengah-setengah. Totalitas berlakon pria kelahiran 1987 ini terbukti antara lain dari kerelaannya mengubah penampilan sesuai peran yang ia mainkan.

Baru-baru ini, misalnya, Reza mewarnai pirang kecoklatan rambutnya demi film Surga yang Tak Dirindukan 2. Di film terbarunya itu, ia memerankan karakter dokter Syarief yang keturunan Hongaria.

“Jika orang-orang melihat tiba-tiba penampilan (saya) ada yang berubah, itu pasti karena sedang memerankan sebuah karakter,” tutur Reza seperti dikutip‎ Kompas.com, ‎Selasa (25/10/2016).

Kesungguhan Reza mendalami peran juga tidak sebatas pada penampilan fisik. Untuk memerankan Samsudin dalam Perempuan Berkalung Sorban, ia sampai melakukan riset data psikologis terkait kepribadian tokoh itu.

Reza bahkan belajar bahasa Jerman sebelum memerankan sosok Habibie dalam Habibie & Ainun. Pria ini mengikuti tiga kali kursus selama 1,5 jam sebelum produksi film dimulai.

”Dialog berbahasa Jerman-nya banyak, 10-13 persen. Ada adegan presentasi tentang pesawat dalam bahasa Jerman juga,” ujar Reza pada kesempatan lainnya, seperti dikutip Kompas.com,‎ Rabu (18/7/2012).

Tak sia-sia, keseriusan interpretasi Reza akan Presiden ketiga Indonesia itu menyabet Piala Citra 2013 untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Ia pun terpilih kembali memerankan Habibie di prequel film tersebut, Rudy Habibie, dan Habibie & Ainun 3 tahun depan.‎

Berbakat dan cemerlang

Bakat Reza telah terpancar serta memesona masyarakat sejak ia memulai karier sebagai model. Pada 2004, ia berhasil meraih juara Favorite Top Guest majalah Aneka Yess!.

Reza membuktikan kemampuannya di dunia akting lewat film Emak Ingin Naik Haji selang dua tahun kemudian. Zein, karakter yang ia mainkan, membawanya masuk dalam nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2009.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.