Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Kerja Desainer Animasi Griselda Sastrawinata Ada dalam Film "Moana"

Kompas.com - 09/11/2016, 18:24 WIB
Irfan Maullana

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com -- Seorang warga negara Indonesia kembali memberi kejutan dalam industri film dunia. Kali ini, giliran desainer animasi Griselda Sastrawinata yang berkontribusi sebagai visual development artist film terbaru Walt Disney, Moana.
 
Sentuhan karya Griselda, dalam film yang suara karakternya-karakternya diisi oleh Auli'i Cravalho (Moana) dan aktor Dwayne "The Rock" Johnson (Maui) itu, langsung dipamerkan pada bagian pembuka Moana.
 
Pada bagian itu nenek Moana bercerita tentang manusia setengah dewa Maui, yang mencuri batu sakral Heart of Te Fiki.
 
"Ketika neneknya bercerita, lalu adegan di dalam gua yang memperlihatkan kapal-kapal nenek moyang Moana, dan bagian ketika Maui menyanyi rap," terang Griselda dalam wawancara khusus dengan Kompas.com di Marina Bay Sands Convention Center, Singapura, Rabu (9/11/2016).
 
Dalam film itu, karya Griselda ditampilkan dalam bentuk karya seni tapa, milik orang-orang Polinesia. Ia menyebut tapa mirip batik.
 
"Makanya, sebagai orang Indonesia aku senang banget, apalagi tapamirip dengan batik," ujar lulusan Pasadena Art Center College of Design (ACCD) ini.
 
Demi menghasilkan gambar-gambar yang kuat untuk mendukung jalan cerita Moana, Griselda lebih dulu melakukan riset dan bergaul dengan para nelayan di Oseania.
 
"Disney memiliki tim yang melakukan riset sampai ke Kepulauan Fiji. Kami juga meminta saran atau masukan dari nelayan di Oceania, kira-kira sudah tepat belum tapa yang kami buat ini, apakah sudah otentik," jelasnya.
 
Asal tahu saja, sebelum bergabung dengan Walt Disney pada 2014, Griselda sudah memiliki portofolio yang mentereng bersama rumah produksi DreamWorks Animation.
 
Ia terlibat dalam sejumlah film animasi yang sudah tidak asing lagi, yakni Me and My Shadow, Smekday (judul sementara), Dragons 2, Guardians, Kung Fu Panda: Secrets of the Master, Puss In Boots, PIB: The Tree Diablos, Neighbors from Hell, Shrek DVD, Shrek Forever After, dan masih banyak lagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com