Ronal Surapradja: Lagu Pilkada Damai

Kompas.com - 19/11/2016, 15:00 WIB
Ronal Surapradja diabadikan usai konferensi pers film The Wedding and Bebek Betutu di Cali Deli Resto, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2015) sore. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGRonal Surapradja diabadikan usai konferensi pers film The Wedding and Bebek Betutu di Cali Deli Resto, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2015) sore.
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerahnya suhu selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta membuat Ronal Surapradja (39) tergerak untuk menyejukkan suasana. Komedian, aktor, dan penyiar itu menulis lagu tentang Pilkada Jakarta yang menyenangkan serta mengajak masyarakat menjaga kedamaian.

Lagu itu akan dinyanyikan bersama Tike Priatnakusumah, rekannya sesama penyiar Jak FM. Ide awal untuk menciptakan lagu itu berasal dari Ronal. Lirik dan notasi dibuat bersama Tike.

Lagu itu bercerita tentang perbedaan yang tak terhindarkan dalam pilkada. Namun, bukan berarti pemilih bisa menjelek-jelekkan, memfitnah, dan menghina pasangan calon kepala daerah tertentu.

"Lagu itu juga bercerita mengenai kebingungan mendukung nomor satu, dua, atau tiga. Tapi, intinya, tetap satu, dua, tiga sayang semuanya," kata Ronal, Rabu (16/11), di Tangerang Selatan, Banten.

Lagu itu akan diluncurkan pada awal Desember 2016. Ronal akan menyiarkan lagu tersebut melalui stasiun radionya. "Setiap siaran, lagu itu akan saya putar. Ada waktu dua bulan lebih sejak lagu diluncurkan hingga pemungutan suara," ucapnya.

Jika disukai banyak pendengar, lagu berdurasi 2 menit 30 detik itu mungkin akan diputar secara rutin meski Ronal sedang tak siaran.

Harapan Ronal, lagu itu bisa mendamaikan suasana. Seperti saat Pemilu Presiden 2014, Ronal juga menciptakan lagu yang mendinginkan situasi. "Kami ingin mengajak masyarakat mengedepankan gagasan, bukan gontok-gontokan. Itu saja," katanya. (BAY)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 November 2016, di halaman 32 dengan judul "Lagu Pilkada Damai".



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X