Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ronal Surapradja: Lagu Pilkada Damai

Kompas.com - 19/11/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerahnya suhu selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta membuat Ronal Surapradja (39) tergerak untuk menyejukkan suasana. Komedian, aktor, dan penyiar itu menulis lagu tentang Pilkada Jakarta yang menyenangkan serta mengajak masyarakat menjaga kedamaian.

Lagu itu akan dinyanyikan bersama Tike Priatnakusumah, rekannya sesama penyiar Jak FM. Ide awal untuk menciptakan lagu itu berasal dari Ronal. Lirik dan notasi dibuat bersama Tike.

Lagu itu bercerita tentang perbedaan yang tak terhindarkan dalam pilkada. Namun, bukan berarti pemilih bisa menjelek-jelekkan, memfitnah, dan menghina pasangan calon kepala daerah tertentu.

"Lagu itu juga bercerita mengenai kebingungan mendukung nomor satu, dua, atau tiga. Tapi, intinya, tetap satu, dua, tiga sayang semuanya," kata Ronal, Rabu (16/11), di Tangerang Selatan, Banten.

Lagu itu akan diluncurkan pada awal Desember 2016. Ronal akan menyiarkan lagu tersebut melalui stasiun radionya. "Setiap siaran, lagu itu akan saya putar. Ada waktu dua bulan lebih sejak lagu diluncurkan hingga pemungutan suara," ucapnya.

Jika disukai banyak pendengar, lagu berdurasi 2 menit 30 detik itu mungkin akan diputar secara rutin meski Ronal sedang tak siaran.

Harapan Ronal, lagu itu bisa mendamaikan suasana. Seperti saat Pemilu Presiden 2014, Ronal juga menciptakan lagu yang mendinginkan situasi. "Kami ingin mengajak masyarakat mengedepankan gagasan, bukan gontok-gontokan. Itu saja," katanya. (BAY)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 November 2016, di halaman 32 dengan judul "Lagu Pilkada Damai".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com