Gita Gutawa Lestarikan Lagu Nasional

Kompas.com - 28/11/2016, 23:09 WIB
Penyanyi Gita Gutawa berpose saat Anugerah Musik Indonesia ke-19 di The Ecovention Ocean Park, Ancol, Jakarta, Rabu (28/9/2016). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Gita Gutawa berpose saat Anugerah Musik Indonesia ke-19 di The Ecovention Ocean Park, Ancol, Jakarta, Rabu (28/9/2016).
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Gita Gutawa (23) tergerak untuk melestarikan lagu-lagu nasional dengan membuat proyek Gita Puja Indonesia. Ia memulainya dengan mengunggah video lirik lagu "Terima Kasihku" karya Sri Widodo ke Youtube.

"Aku kagum dengan lagu-lagu nasional yang banyak dan beragam tema. Di sisi lain, musik mempunyai kekuatan luar biasa untuk menyebarkan paham nasionalisme. Dengan spirit itulah aku ingin melestarikan, mengapresiasi lagu nasional. Enggak cuma menyanyikan lagunya, tetapi juga bisa menginspirasi dan mengangkat semangatnya," kata Gita, Jumat (25/11), di Jakarta.

Video lirik itu mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Tulungagung, Jawa Timur, yang menyuguhkan penampilan para siswa dan guru dengan gaya mematung atau mannequin challenge. Suara Gita dengan iringan orchestra sang ayah, Erwin Gutawa, direkam di Praha. Untuk gerakan ini, Gita memakai tagar #GitaPujaIndonesia dan #TeruskanIlmu.

Gita mengajak generasi muda untuk membuat video pendek tiga menit mengenai berbagi ilmu apa yang dipunyai. "Semoga banyak generasi muda yang mau ikutan gerakan ini sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat. Apabila mencapai 100 video, akan ada 10 tiket penerbangan domestik untuk guru," kata alumnus London School of Economics and Political Science, Inggris, ini.

Tak hanya gerakan untuk Hari Guru Nasional, Gita pun berharap bisa mengapresiasi lagu nasional di hari besar lain. "Sudah lama, aku memang pengen mempunyai gerakan bagi kaum muda untuk sama-sama berbuat sesuatu untuk negeri tercinta," ujar Gita. (SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 November 2016, di halaman 32 dengan judul "Lestarikan Lagu Nasional".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.