Kaleidoskop 2016: Langkah Besar Joey Alexander di Panggung Dunia

Kompas.com - 09/12/2016, 14:47 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Bocah bernama Joey Alexander itu berhasil menyita perhatian dunia karena kepiawaiannya memainkan tuts piano hingga disebut sebagai 'anak ajaib'.

Tak sebatas pujian lisan, putra Denny Sila dan Fara itu juga diganjar dua nominasi dalam penghargaan musik internasional, Grammy Awards 2016.

Dua nominasi itu untuk Best Jazz Instrumental album untuk album solo debutnya, My Favorite Things, dan Best Improvised Jazz Solo untuk lagu "Giant Steps".

Itu membuatnya menjadi musisi termuda yang pernah masuk nominasi Grammy. Ia juga nomine Grammy pertama dari Indonesia.

Talenta Joey sebagai pianis jazz sebenarnya sudah terendus dunia sejak Mei 2015 lalu. Kala itu, sejumlah media terkemuka dunia memberitakan anak lelaki kelahiran Denpasar, Bali, itu.

Salah satunya, situs New York Times yang memuat artikel berjudul "Joey Alexander, an 11-Year-Old Jazz Sensation Who Hardly Clears the Piano's Sightlines" pada Selasa (12/5/2015).

Sejak kecil Joey sudah akrab dengan musik jazz lantaran sang ayah adalah penggemar berat genre musik itu. Kemudian, ia mulai belajar bermain piano pada umur enam tahun.

Sampai suatu hari pada 2013, sebuah video YouTube penampilan Joey memainkan karya John Coltrane dan Chick Corea menggugah direktur Jazz at Lincoln Centre, Wynton Marsalis.

Joey pun diundang untuk tampil di sana. Itulah awal langkah Joey ke kancah musik jazz Amerika Serikat.

Grammy Awards 2016

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.