Mondo Gascaro: Musisi Indie Harus Kreatif

Kompas.com - 17/12/2016, 18:45 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Mondo Gascaro mengatakan bahwa musisi yang berkarier secara indie tidak akan sejahtera jika tidak kreatif.

"Kalau cuma bergerak di satu tempat ya enggak sejahtera," kata Mondo saat dijumpai dalam acara streaming aplikasi Joox di Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2016).

Mondo berpesan, musisi indie jangan sampai hanya membuat materi lagu, merekam, dan memasarkannya saja. Menurut dia, musisi indie harus mengolah kekreatifannya dengan cara mengemas sebuah karya dengan baik.

"Sekarang kan ada marchandise, manggung, ada digital. Musisi indie harus melaukan itu dulu untuk bisa survive. Selain itu mereka harus ada kerjaan lain seperti ngajar atau apalah," kata mantan vokalis band Sore tersebut.

Saat ini, Mondo belum bisa menyatakan bahwa musisi indie sudah sejahtera atau tidak. Menurut dia, hal itu sedang dalam proses dan sedang dicarikan formula yang tepat.

"Nah, kalau label kan ngarepnya dari penjualan CD, maka mereka bikin artist management biar sejahtera," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.