Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mondo Gascaro: Musisi Indie Harus Kreatif

Kompas.com - 17/12/2016, 18:45 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Mondo Gascaro mengatakan bahwa musisi yang berkarier secara indie tidak akan sejahtera jika tidak kreatif.

"Kalau cuma bergerak di satu tempat ya enggak sejahtera," kata Mondo saat dijumpai dalam acara streaming aplikasi Joox di Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2016).

Mondo berpesan, musisi indie jangan sampai hanya membuat materi lagu, merekam, dan memasarkannya saja. Menurut dia, musisi indie harus mengolah kekreatifannya dengan cara mengemas sebuah karya dengan baik.

"Sekarang kan ada marchandise, manggung, ada digital. Musisi indie harus melaukan itu dulu untuk bisa survive. Selain itu mereka harus ada kerjaan lain seperti ngajar atau apalah," kata mantan vokalis band Sore tersebut.

Saat ini, Mondo belum bisa menyatakan bahwa musisi indie sudah sejahtera atau tidak. Menurut dia, hal itu sedang dalam proses dan sedang dicarikan formula yang tepat.

"Nah, kalau label kan ngarepnya dari penjualan CD, maka mereka bikin artist management biar sejahtera," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com