Once Mekel Bosan Produksi Album Sendiri

Kompas.com - 05/01/2017, 19:51 WIB
Penyanyi  Elfonda Mekel atau Once terlibat pembuatan video klip untuk calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (5/1/2017). Keterlibatan ini diakui sebagai bentuk dukungan terhadap calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 tersebut. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Elfonda Mekel atau Once terlibat pembuatan video klip untuk calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (5/1/2017). Keterlibatan ini diakui sebagai bentuk dukungan terhadap calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 tersebut.
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Once Mekel (46) mengaku akhir-akhir ini merasa bosan menjadi produser musik untuk albumnya sendiri.

Dua album solonya sudah dihasilkannya selaku produser musik. Once pada 2012 dan Intrinsik dua tahun lalu.

"Memproduksi sendiri, enggak enak-enak banget kadang-kadang. Jadi, bosen sendiri juga," ucap Once dalam wawancara di Taman Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (4/1/2017).

Dengan bekerja sendiri sebagai produser musik untuk album-albumnya sendiri, yang berisi lagu-lagu ciptaannya, ia merasa menjadi tak memiliki variasi lain dalam bermusik, baik itu mengenai lirik, melodi, maupun aransemen.

Ia merasa berada dalam ruangnya sendiri.

"Mesti ada temen-temen yang istilahnya bukan yes man. Artinya, kalau ditanya, 'Bagus enggak?', 'Baguuus.' Itu susah, saya harus kerja dengan orang-orang yang obyektif," tuturnya.

Awalnya, lanjut mantan vokalis band Dewa 19 ini, ia memproduseri album-albumnya secara mandiri agar bisa bebas dan puas berkarya. Namun, lama kelamaan, ia merasa jenuh.

"Jadi, mungkin ke depan ini, setelah saya produseri sendiri banyak lagu, saya terbuka aja kalau ada temen-temen yang mau produksi (album solo Once). Supaya saya juga bisa lepas dari cara saya bikin lagu, bikin aransemen," ujarnya.

"Supaya saya juga bisa bilang, 'Wow, (ide) yang ini kok saya enggak kepikiran.' Kalau kita bikin semua sendiri itu enggak surprise, karena udah ketebak lah," tambahnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X