Kreator Star Wars Bangun Museum Senilai Rp 13 Triliun

Kompas.com - 12/01/2017, 09:00 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Kreator Star Wars George Lucas akan membangun museum senilai 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 13,3 triliun di Los Angeles.

Rencananya museum yang dinamai Lucas Museum of Narrative Art itu akan mulai beroperasi pada 4 Mei 2020.

Terpilihnya Los Angeles sebagai lokasi pembangunan museum itu diumumkan oleh dewan direktur Lucas Museum of Narative Art, Selasa (10/1/2017).

Ada dua kota yang mengajukan proposal untuk menjadi lokasi pembangunan museum tersebut, yakni Los Angeles dan San Francisco.

Sebelumnya museum itu akan dibangun di Chicago. Namun rencana itu pupus setelah ada protes dari kelompok yang menyebut diri Friends of the Parks.

Museum itu akan memamerkan memamerkan karya seni yang menjadi koleksi pribadi George Lucas.

Selain itu akan ditampilkan pula cerita atau dongeng yang disampaikan melalui multimedia, termasuk lukisan, ilustrasi, fotografi, film, animasi, dan digital yang naratif.

Namun Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti mengatakan proyek tersebut bukan museum Star Wars.

Dewan direktur Lucas Museum of Narative Art menyebut proyek tersebut akan menjadi salah satu museum seni yang paling imajinatif dan inklusif di dunia.

Museum itu akan dibangun di Exposition Park, LA. Desainnya yang futuristik dibuat oleh arsitek Ma Yansong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.