Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit Jantung, Fitri Carlina Jalani Terapi Oksigen

Kompas.com - 16/01/2017, 21:13 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Fitri Carlina (29) mengatakan ia menjalani terapi oksigen untuk penyakit jantungnya.

Menurut Fitri, terapi itu berguna untuk mengurangi kerja pernapasan dan menurunkan stres pada otot jantung.

"Jadi aku terapi oksigen sekarang dan ya alhamdulillah sih ya pelan-pelan dengan terapi pasti bisa," katanya dalam wawancara di foodcourt Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Senin (16/1/2017).

Karena itu, Fitri selalu menyiapkan stok tabung oksigen baik di rumah atau mobilnya jika sedang bepergian.

"Iya nyetok, aku memang selalu siapin oksigen. Kalau di mobil yang portable, kalau untuk di rumah yang tabung besar," ucapnya.

Fitri menambahkan selain menjalani terapi oksigen, ia tetap mengonsumsi obat-obatan.

"Sekarang aku makan terlalu pedas tuh aku langsung sesak dan aku langsung pusing, ya deg-degannya nambah. Ada mengonsumi obat juga," tambah Fitri.

Pelantun "ABG Tua" ini sengaja memilih pengobatan lewat terapi karena ia tak mau menjalani operasi.

Selain itu, Fitri juga mulai menjaga pola makannya, berolahraga teratur, mengurangi pekerjaan agar terhindari dari beban pikiran, dan lain-lain.

"Aku enggak bisa olahraga yang high impact, kayak aerobik, lari itu udah dicoret ama dokter, paling stretching, yoga di rumah, kardio yang kayak jalan pagi, cari matahari," ujarnya.

Intinya ia menjalani apa pun pantangan penyakitnya agar tak perlu masuk ruang operasi.

"Jangan sampai operasi, aku aja dengarnya stres ya. Dengan terapi lebih baik. Alhamdulillah suami aku support aku banget. Alhamdulillah sekarang udah lebih fine," kata Fitri.

Sang suami, Hendra Sumendap, juga memintanya untuk tak mengambil pekerjaan yang kira-kira bakal menguras banyak tenaga dan pikiran.

"Suami lebih khawatir, pekerjaan aku yang terlalu capek suami minta udahlah enggak usah, jadi lebih strict. Mungkin ini efek dari tahun-tahun yang lalu terlalu banyak tekanan, kurang istirahat," katanya.

"Tapi enggak masalah, kata dokter enggak perlu khawatir banget, emang menggangu dan bahaya. Tapi kan sekarang udah terapi," imbuh Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com