Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ivanka: Abdee "Slank" Sudah Jalani Transplantasi Ginjal

Kompas.com - 18/01/2017, 16:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris grup band Slank, Abdee Negara, telah menjalani operasi transplantasi ginjal. Hal itu diungkapkan rekan segrupnya, pemain bas Ivanka atau Ivan.

"Mas Abdee lagi recovery habis transplantasi ginjal," ucap pria Ivan dalam wawancara di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2017).

Ivan mengatakan bahwa operasi itu dilakukan pada akhir 2016 lalu. Namun, ia tak menyebut lokasi tepatnya.

Satu yang pasti, Abdee saat ini disebut sudah tak perlu lagi melakukan cuci darah dan sedang tahap pemulihan.

"(Operasi) November atau Desember kemarin. Recovery-nya, rawat jalan. Karena kan orang abis transplantasi itu mesti full steril," kata Ivan.

Mengetahui kondisi kesehatan Abdee yang kian membaik, Ivan dkk berharap sang gitaris bisa kembali aktif bermusik bareng Slank.

"Iya iya, insya Allah. Belum tahu kapan, pokoknya target kami sehat aja. Bisa aktivitas kembali. Insya Allah Abdee bisa kembali beraktivitas sama Slank lagi," ucap Ivan.

Abdee sebelumnya didiagnosis mengalami gagal ginjal pada 2015 lalu. Kondisi ini membuatnya harus menjalani cuci darah secara rutin, yakni dua atau tiga kali sepekan.

Karena penyakit ginjal itu pula, Abdee memutuskan vakum sementara dari kegiatan manggung Slank untuk fokus pengobatan.

Meski begitu, di beberapa kesempatan pria berambut gondrong itu pernah menyempatkan ikut tampil dengan Slank untuk membawakan sebuah lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com