Marissa Anita: Berita Bohong

Kompas.com - 23/01/2017, 22:52 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Beberapa hari lalu, Marissa Anita, pemeran Sipon (istri Wiji Thukul) dalam film Istirahatlah Kata-kata, terbang dari Jakarta menuju Pontianak, Kalimantan Barat.

Hal ini dilakukannya dalam rangka persiapan pemutaran serentak film tersebut di bioskop di 19 kota pada Kamis (19/1/2017).

Pontianak adalah kota yang "istimewa" karena Istirahatlah Kata-kata mengisahkan penggalan perjalanan hidup aktivis dan penyair Wiji Thukul saat berada di kota tersebut.

Pontianak dipilih oleh Wiji untuk bersembunyi guna menghindari kejaran aparat pasca peristiwa penyerangan kantor DPP PDI di Jakarta, 27 Juli 1996.

Wiji resmi dilaporkan hilang pada tahun 2000, tetapi keberadaannya hingga saat ini masih misterius.

Promosi Istirahatlah Kata-kata dilakukan Marissa di sela-sela kesibukannya menempuh studi S-2 Digital Media and Society di Loughborough University, Inggris.

Mengingat studinya berkaitan dengan internet dan publik, pembicaraan pun menyinggung fenomena penyebaran hoax alias berita bohong di media sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengaku sangat mendukung seruan yang kini disampaikan oleh banyak pihak, yakni netizen jangan mudah menyebarkan informasi apa pun yang tak jelas asal-usulnya.

"Jangan cepat termakan sensasi dan seakan ingin cepatan-cepatan menyebarkan berita bohong," ujar Marissa, Rabu (18/1/2017), di Pontianak, saat dihubungi dari Jakarta.

Ia juga menceritakan, dalam studinya, dibahas fenomena echo chamber atau filter bubble.

"Jadi, ketika kita menggunakan Facebook, Facebook akan selalu memberi berita-berita dengan sudut pandang yang kita sukai. Hal ini tidak sehat," kata Marissa yang fasih berbahasa Italia dan Jawa. (ATO)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 23 Januari 2017, di halaman 32 dengan judul "Berita Bohong".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.