Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marissa Anita: Berita Bohong

Kompas.com - 23/01/2017, 22:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Beberapa hari lalu, Marissa Anita, pemeran Sipon (istri Wiji Thukul) dalam film Istirahatlah Kata-kata, terbang dari Jakarta menuju Pontianak, Kalimantan Barat.

Hal ini dilakukannya dalam rangka persiapan pemutaran serentak film tersebut di bioskop di 19 kota pada Kamis (19/1/2017).

Pontianak adalah kota yang "istimewa" karena Istirahatlah Kata-kata mengisahkan penggalan perjalanan hidup aktivis dan penyair Wiji Thukul saat berada di kota tersebut.

Pontianak dipilih oleh Wiji untuk bersembunyi guna menghindari kejaran aparat pasca peristiwa penyerangan kantor DPP PDI di Jakarta, 27 Juli 1996.

Wiji resmi dilaporkan hilang pada tahun 2000, tetapi keberadaannya hingga saat ini masih misterius.

Promosi Istirahatlah Kata-kata dilakukan Marissa di sela-sela kesibukannya menempuh studi S-2 Digital Media and Society di Loughborough University, Inggris.

Mengingat studinya berkaitan dengan internet dan publik, pembicaraan pun menyinggung fenomena penyebaran hoax alias berita bohong di media sosial.

Ia mengaku sangat mendukung seruan yang kini disampaikan oleh banyak pihak, yakni netizen jangan mudah menyebarkan informasi apa pun yang tak jelas asal-usulnya.

"Jangan cepat termakan sensasi dan seakan ingin cepatan-cepatan menyebarkan berita bohong," ujar Marissa, Rabu (18/1/2017), di Pontianak, saat dihubungi dari Jakarta.

Ia juga menceritakan, dalam studinya, dibahas fenomena echo chamber atau filter bubble.

"Jadi, ketika kita menggunakan Facebook, Facebook akan selalu memberi berita-berita dengan sudut pandang yang kita sukai. Hal ini tidak sehat," kata Marissa yang fasih berbahasa Italia dan Jawa. (ATO)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 23 Januari 2017, di halaman 32 dengan judul "Berita Bohong".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com