Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Resident Evil: The Final Chapter", Babak Akhir Melawan Zombie

Kompas.com - 26/01/2017, 14:56 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Resident Evil: The Final Chapter menjadi seri pamungkas dari rangkaian cerita saga film Resident Evil yang kali pertama dirilis pada 2002 lalu.

Pada bagian prolog diceritakan bahwa penyebab kemunculan mayat hidup atau zombie berasal dari T-Virus yang dicipta oleh ayah Alice.

Ayah Alice yang berprofesi sebagai dokter itu awalnya menggunakan T-Virus untuk menyembuhkan Alice kecil dari penyakit penuaan dini. Sayangnya, efek samping obat itu justru mengubah manusia menjadi zombie.

T-Virus itu kemudian disalahgunakan oleh Dr Alexander Isaacs (Ian Glen), rekan kerja ayah Alice hingga menyebar luas dan menginfeksi manusia.

Cerita kemudian berlanjut ke babak baru. Alice (Milla Jovovich) dikisahkan harus kembali ke Raccoon City setelah mendapatkan sebuah tanda bahwa Umbrella Corporation akan memusnakan umat manusia.

Kali ini misi Alice adalah menemukan antivirus yang dimiliki oleh Umbrella Corporation. Antivirus itu satu-satunya yang mampu mengentaskan wabah T-Virus.

Perjalanan Alice seorang diri awalnya tidak mudah. Antivirus itu berada di The Hive, markas bawah tanah milik Umbrella Corporation yang memiliki perangkap super canggih. Alice berpacu dengan waktu dan harus lolos dari sergapan pasukan Umbrella Corporation yang mengetahui misi tersebut.

Beruntung, selama perjalanan Alice dibantu oleh manusia yang masih tersisa ketika sampai di Raccoon City. Mereka adalah Claire Redfield (Ali Larter), Abigail (Ruby Rose), Christian (William Levy), Doc (Eoin Macken) dan segelintir lainnya. Di situlah mereka berjibaku dalam misi sesungguhnya untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan.

Sutradara Paul W.S. Anderson cukup apik dalam meramu jalan cerita film berdurasi 1 jam 47 menit itu. Untuk penonton awam yang tidak mengikuti seri sebelumnya pun tidak akan kesulitan memahami jalan cerita. Sebab prolog yang diceritakan begitu jelas.

Selain itu, ketegangan dan suasana mencekam tetap terasa. Tak jarang munculnya berbagai jenis zombie menjadi sebuah kejutan yang bisa dibilang dapat menahan napas penonton.

Unsur itu tetap menjadi senjata ampuh Paul. Belum lagi ditambah adegan ketika Umbrella Corporation membawa jutaan pasukan zombie.

Untuk Resident Evil: The Final Chapter, sosok Milla Jovovich pada seri terakhir ini patut diacungi jempol. Artis berdarah Rusia itu mampu tampil sempurna.

Keberanian dan keputusan matangnya seakan membuat karakter Alice lebih berkharisma. Tak salah Alice menjadi titik pusat dalam film tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com