Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa "Jakarta Undercover" Diangkat Kembali ke Layar Lebar?

Kompas.com - 31/01/2017, 18:24 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh tahun lalu buku Jakarta Undercover kali pertama dibuat versi filmnya. Kini buku karya Moammar Emka itu kembali diangkat ke layar lebar.

"Itu film yang dulu juga udah lama (2007). Sekarang 2016 ke 2017, kami pengin membuat sesuatu yang baru, produksi baru dan cerita baru," kata Moammar Emka saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Jika film  pertama Jakarta Undercover disutradarai oleh Lance dengan penulis naskah Joko Anwar, sekarang kedua posisi itu digantikan Fajar Nugros dan Piu Syarif.

Para pemainnya juga berbeda dari film terdahulu. Menurut Emka, buku karyanya itu terdiri dari empat seri. Masih banyak bagian yang menurut dia belum dimunculkan ke layar lebar.

"Kalau bukunya kan emang ada empat jilid, Jakarta Undercover itu ada satu, dua, tiga, dan empat. Jadi secara tema masih banyak banget yang harus diselami," ujarnya.

Meski alur ceritanya jauh berbeda dari film pendahulunya, tema utama tentang sisi gelap Kota Jakarta tetap dipertahankan.

"Tetap based on dari Jakarta Undercover, tidak mengenyampingkan benang merahnya. Dari sisi tema dan isi, tetep berpelukan dengan bukunya," kata Emka.

Satu hal yang juga berbeda, Emka kini terlibat langsung sebagai eksekutif produser dalam film produksi Grafent Pictures dan Demi Istri Production itu.

"Kalau yang sekarang keterlibatan aku sebagai penulis lebih total, dari awal ikut. Pengin gimana rasanya sih dari buku gue nyemplung ke film. Itukan ada proses yang harus dilewatin. Aku di sini sebagai eksekutif produser," ucap Emka.

Rencananya, film Jakarta Undercover ini akan tayang perdana pada 23 Februari 2017.

Sederet artis peran papan atas terlibat dalam film ini, di antaranya Oka Antara, Agus Kuncoro, Lukman Sardi, Tio Pakusadewo, Baim Wong, Ganindra Bimo, dan Richard Kyle. Juga ada artis pendatan baru Tiara Eve dan Nikita Mirzani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com