Mengapa "Jakarta Undercover" Diangkat Kembali ke Layar Lebar?

Kompas.com - 31/01/2017, 18:24 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh tahun lalu buku Jakarta Undercover kali pertama dibuat versi filmnya. Kini buku karya Moammar Emka itu kembali diangkat ke layar lebar.

"Itu film yang dulu juga udah lama (2007). Sekarang 2016 ke 2017, kami pengin membuat sesuatu yang baru, produksi baru dan cerita baru," kata Moammar Emka saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Jika film  pertama Jakarta Undercover disutradarai oleh Lance dengan penulis naskah Joko Anwar, sekarang kedua posisi itu digantikan Fajar Nugros dan Piu Syarif.

Para pemainnya juga berbeda dari film terdahulu. Menurut Emka, buku karyanya itu terdiri dari empat seri. Masih banyak bagian yang menurut dia belum dimunculkan ke layar lebar.

"Kalau bukunya kan emang ada empat jilid, Jakarta Undercover itu ada satu, dua, tiga, dan empat. Jadi secara tema masih banyak banget yang harus diselami," ujarnya.

Meski alur ceritanya jauh berbeda dari film pendahulunya, tema utama tentang sisi gelap Kota Jakarta tetap dipertahankan.

"Tetap based on dari Jakarta Undercover, tidak mengenyampingkan benang merahnya. Dari sisi tema dan isi, tetep berpelukan dengan bukunya," kata Emka.

Satu hal yang juga berbeda, Emka kini terlibat langsung sebagai eksekutif produser dalam film produksi Grafent Pictures dan Demi Istri Production itu.

"Kalau yang sekarang keterlibatan aku sebagai penulis lebih total, dari awal ikut. Pengin gimana rasanya sih dari buku gue nyemplung ke film. Itukan ada proses yang harus dilewatin. Aku di sini sebagai eksekutif produser," ucap Emka.

Rencananya, film Jakarta Undercover ini akan tayang perdana pada 23 Februari 2017.

Sederet artis peran papan atas terlibat dalam film ini, di antaranya Oka Antara, Agus Kuncoro, Lukman Sardi, Tio Pakusadewo, Baim Wong, Ganindra Bimo, dan Richard Kyle. Juga ada artis pendatan baru Tiara Eve dan Nikita Mirzani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.