Ada Wasiat yang Harus Dijalankan Ruben Onsu

Kompas.com - 01/02/2017, 18:29 WIB
Pemakaman ayahanda Ruben Onsu di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Rabu (1/2/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGPemakaman ayahanda Ruben Onsu di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Rabu (1/2/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada sebuah wasiat yang diamanahkan oleh ayah artis komedi Ruben Onsu, Johannes Abraham Onsu, kepada putra pertamanya itu sebelum meninggal dunia.

"Saya cuma disuruh jadi ayah untuk adik saya, harus bisa jaga amanah," kata Ruben dengan mata sembab seusai pemakaman ayahnya di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (1/2/2017). 

Namun, suami penyanyi Sarwendah Tan ini belum bisa membayangkan bagaimana ia menggantikan posisi sang ayah dalam keluarga, apakah ia mampu menjalankan amanah itu atau tidak. Pasalnya, Ruben sendiri mengaku masih merasa berat merelakan kepergian ayahnya.

"Sampai sekarang masih bertanya-tanya, apa bisa jadi orangtua untuk adik saya? Kok cepet banget papa kasih tugas ini tanpa dijelaskan harus seperti apa dan gimana? Saya masih enggak tahu berbuat apa," ujarnya.

Johanes, bagi Ruben, adalah figur orangtua yang hebat dan luar biasa, selalu mengajarkan kebaikan dan memberinya nasihat bijak.

"Beliau ajarkan sabar dengan senyum, jangan balas apa pun yang dilakukan orang. Nasihat itu yang saya ingat. Papa penyayang dan perhatian. Sekarang udah enggak ada papa," kata Ruben seraya menahan haru.

"Saya hanya bisa menenangkan, ingetin dia (Ruben) harus tetap makan karena kalau sakit enggak bisa lagi jagain adiknya," kata Sarwendah.

Ayah Ruben mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Perta Medika, Sentul, Jawa Barat, Minggu (29/1/2017) pukul 21.10 WIB. Ia sempat dirawat karena penyakit komplikasi ginjal, tifus, dan jantung selama sepekan lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.