Chacha Frederica: Jangan Mudah Transfer Uang ke Orang Lain

Kompas.com - 08/02/2017, 18:16 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bergelut dalam bisnis online membuat artis peran Chacha Frederica (27) mengerti bagaimana cara belanja dengan nyaman dan aman.

Ia pun membagi tips.

"Tipsnya itu, ya kita harus pintar, jangan mudah transfer ke orang," kata Chacha ketika dijumpai di restoran Nouvelle, SCBD, Jakarta Selatan, pada Rabu (8/2/2017).

Pintar yang dimaksud Chacha adalah tidak sembarangan membeli di situs belanja yang kualitasnya tak jelas.

Kata Chaca pula, jangan membeli barang dari akun-akun media sosial yang bertebaran meski akun-akun itu memiliki banyak follower.

Menurut Chacha, jumlah follower akun-akun itu bukan jaminan untuk berbelanja dengan nyaman dan aman. Berdasarkan pengalamannya, penjual pada akun-akun itu kurang profesional.

"Kayak belanja tiket online dari Instagram, penjualnya memang enggak bohong, tapi mekanismenya aja yang panjang. Kita butuh wadah agar orang itu percaya," ujar istri Dico Ganindito ini.

Ia menyarankan untuk berbelanja online di situs-situs yang terbilang aman, termasuk situs-situs marketplace.

Dalam pengelolaannya, menurut Chacha, situs-situs marketplace sudah profesional.

"Kita sebagai konsumen harus lebih pintar. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri juga takut kan, itu lebih canggih kejahatan cyber-nya. Konsumen kan ingin secure atau aman," ujarnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.